Sukses

Resolusi Hamil 2017: Cara Mudah Usir Morning Sickness

Bagi Anda yang punya resolusi hamil 2017, tak perlu takut hadapi morning sickness. Ikuti saja beberapa cara mudah ini.

Liputan6.com, Jakarta Resolusi hamil 2017 tentunya bikin Anda ingin cepat hamil, namun di saat yang sama, khawatir dengan gejala morning sickness? Tenang saja.

Saat menginjak tahap awal kehamilan, sebagian besar wanita biasanya memang akan mengalami morning sickness yang bisa terjadi kapan saja. Hal ini memang mengganggu, tetapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir efeknya pada keseharian Anda. Apa saja itu?

Dilansir dari Purewow, Sabtu (31/12/2016), berikut ini adalah tujuh trik sederhana untuk mengobati dan meminimalisir efek morning sickness, seperti:

1. Makan cemilan ringan

Letakkan cemilan ringan seperti biskuit gandum di sebelah tempat tidur, dan makan sedikit cemilan tersebut perlahan-lahan setelah Anda bangun tidur. Hal ini akan membantu mengisi perut dengan cepat, dan dapat membantu mencegah munculnya rasa mual akibat morning sickness.

2. Tetap terhidrasi

Seringnya, morning sickness membuat ibu hamil muntah-muntah--walau ada juga yang sekedar mual-mual saja. Ketika Anda muntah, maka tubuh akan kehilangan cairannya. Jadi, pastikan untuk mengganti cairan yang sudah terbuang tersebut dengan meminum air putih yang cukup sepanjang hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Tidak makan makanan yang terlalu panas

Pada saat Anda mencapai puncak morning sickness, para ahli menyarankan untuk mengonsumsi makanan yang tidak terlalu panas. Mengapa? Karena makanan panas cenderung memiliki aroma yang kuat dan bau yang agresif, yag seringkali merupakan penyebab utama mual di tahap awal kehamilan.

4. Sadari pemicunya

Mencium beberapa hal tertentu saat Anda sedang mengalami morning sickness, bisa menjadi pemicu munculnya mual. Jadi, coba perhatikan dan sadari bau apa saja di sekitar Anda yang bisa membuat Anda mual, misalnya karena parfum favorit Anda ataupun karena ada seorang teman Anda yang mebawa makanan tertentu setiap sore. Setelah Anda mengenali pemicunya, lakukan apapun yang Anda bisa untuk menghindarinya.

5. Makan berlebihan

Jika Anda suka makan terlalu banyak, hal ini dapat mempengaruhi sistem pencernaan Anda. Jadi lebih baik, konsumsi makanan dengan porsi yang lebih kecil daripada makan dengan prosi yang terlalu besar, untuk memudahkan pencernaan Anda dalam mencerna makanan.

3 dari 3 halaman

6. Ambil obat

Jika morning sickness yang Anda alami sampai mempengaruhi berat badan ataupun membuat Anda sering sakit kepala, lebih baik konsultasikan masalah ini ke dokter Anda, mereka dapat memberikan resep obat yang tepat untuk ibu hamil. Karena, beberapa morning sickness yang terjadi adalah suatu hal yang normal, tetapi jika terjadi secara berlebihan, bisa berbahaya.

7. Beritahu orang lain

Jika Anda sedang berjuang melawan morning sickness, cobalah terbuka pada pasangan Anda. Ceritakan dan jelaskan padanya mengenai apa yang tubuh Anda alami selama kehamilan, sehingga mereka bisa mengerti dan memberikan dukungan pada Anda. Karena jika Anda menyimpannya sendiri, hal ini akan membuat tubuh Anda terasa semakin buruk dari yang seharusnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini