Sukses

Resolusi Hamil 2017: 5 Makanan Ini Jadi Kunci Wanita Cepat Hamil

Erin Palinski-Wade, RD, memberikan saran diet untuk wanita yang ingin cepat hamil.

Liputan6.com, Jakarta Bagi Anda yang ingin cepat hamil, sebaiknya selalu perhatikan asupan nutrisi. Sebab bagaimanapun, makanan sehat dapat membantu mempersiapkan tubuh wanita untuk hamil.

Seorang penulis buku The Belly Fat Diet for Dummies, Erin Palinski-Wade, RD, memberikan saran diet untuk wanita yang ingin cepat hamil. Dia mengklasifikasikan lima makanan penting, seperti dilansir Fit Preagnancy, Sabtu (31/12/2016):

1. Asam Folat

Jika Anda memiliki resolusi untuk hamil pada 2017, segera konsumsi asam folat mulai dari sekarang. Asam folat bisa didapat biji-bijian seperti pada sereal, sayuran, dan buah jeruk. Anda juga bisa mendapatkannya dari suplemen atau vitamin prenatal. Setidaknya, konsumsi 400-600 mg asam folat setiap hari sebelum kehamilan dan sekitar 800 mg selama kehamilan untuk memastikan kehamilan sehat dan meminimalkan risiko cacat lahir.

2. Protein

Salah satu penelitian yang dilakukan pada pasangan yang sedang mengalami masalah kesuburan menemukan bahwa makanan tinggi protein, diet karbohidrat rendah meningkatkan kemungkinan hamil.

Konsumsi lebih dari 25 persen protein dan 40 persen karbohidrat meningkatkan kualitas telur dan angka kehamilan pada pasien IVF dua kali lipat dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi karbohidrat tinggi dan diet protein rendah.

"Pastikan Anda mendapatkan protein lengkap yang memiliki semua asam amino esensial. Putih telur merupakan sumber yang sangat baik. Lainnya seperti unggas daging putih, dan ikan, terutama yang kaya asam lemak omega-3, seperti salmon. Jika Anda seorang vegetarian, kacang-kacangan seperti polong juga sangat baik karena sumber protein yang sehat yang juga kaya akan zat besi," kata Palinski-Wade.

3. Asam lemak omega 3

Lemak sehat akan membantu menjaga hormon berfungsi dengan baik sehingga Anda bisa hamil dalam beberapa bulan mendatang. Anda bisa mengonsumsi biji chia, biji rami atau menambah porsi ikan setiap minggu. Targetnya 1.000 - 2.000 mg asam lemak omega-3 sehari, atau sekitar 2 sampai 3 ons ikan, 2 sendok makan kenari, atau 2 sendok makan biji rami atau biji chia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Susu

4. Susu

Susu sangat penting untuk mempersiapkan tubuh agar cepat hamil. Sebuah studi menemukan, wanita yang mengonsumsi satu porsi susu penuh lemak setiap hari mengalami penurunan infertilitas, menurut sebuah artikel New York Times. Namun Palinski-Wade mengatakan, Anda bisa mengganti susu tinggi lemak dengan rendah lemak.

5. Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran memberikan berbagai nutrisi penting dan antioksidan yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Jika Anda makan banyak junk food, biji-bijian olahan, permen, atau makanan yang tidak memiliki manfaat gizi, maka Anda bisa menyakiti tubuh Anda karena mereka dapat menyebabkan lonjakan gula darah dan lemak trans.

Jika Anda kelebihan berat badan, maka diet dengan makanan sehat untuk mengurangi berat badan dapat meningkatkan kesuburan Anda. Tapi jangan hindari juga berolahraga secara berlebihan karena akan mengganggu kemampuan Anda untuk hamil. "Cukup pastikan tubuh sehat dan bugar agar Anda cepat hamil," ujar Palinski-Wade.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini