Sukses

Jangan Mengonsumsi Ikan yang Ditemukan Sudah Mati

Jika Anda menemukan ikan yang mati di tepi pantai atau perairan lain, jangan mengonsumsinya.

Liputan6.com, Nova Scotia, Kanada Sebuah peringatan datang dari Canadian Food Inspection Agency (CFIA) dan Departemen Perikanan dan Kelautan Kanada agar masyarakat tidak mengonsumsi ikan herring yang sudah mati.

Peringatan tersebut dikeluarkan karena ribuan ikan herring mati di sepanjang Teluk Fundy dekat Digby, Nova Scotia, Kanada sejak akhir November 2016.

Ketika melihat ribuan ikan herring, masyarakat setempat beramai-ramai mengumpulkan ikan untuk dikonsumsi. CFIA memperingatkan, masyarakat agar tidak makan ikan herring yang telah dikumpulkan karena tidak jelas apa yang menyebabkan ikan herring mati.

"Jangan mengonsumsi ikan herring yang sudah mati untuk alasan apa pun. Banyak faktor yang memengaruhi keamanan konsumsi ikan, seperti racun, penyakit atau terkontaminasi lingkungan," kata CFIA dalam pernyataan resminya, yang dikutip dari CBC News, Jumat (30/12/2016).

Penyebab kematian ikan tidak diketahui

Walau berbagai tes sudah dilakukan CFIA, tetap belum ditemukan penyebab fenomena kematian ribuan ikan tadi.

"Berdasarkan pengujian yang dilakukan sampai saat ini, belum ditemukan adanya penyebab ikan mati," kata Direktur Departemen Perikanan dan Kelautan Kanada Doug Wentzell pada Rabu (28/12/2016).

Ribuan ikan herring mati di Teluk Fundy, Kanada. (Foto: CBC News)

Doug menambahkan, tidak ada bukti racun pada ikan. Selain peringatan untuk tidak konsumsi, mencuci ikan herring pun tidak diperbolehkan. Karena belum diketahui apa yang menempel pada kulit ikan tersebut.

"Konsumen harus membeli ikan herring dari penjual ikan yang berlisensi resmi," tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini