Sukses

Sambil Temani Ibu Bekerja, Bocah Ini Belajar di Atas Tong Sampah

Di samping ibu yang berjualan ubi, Nian nian terlihat serius mengerjakan PR di atas tong sampah

Liputan6.com, Jakarta Seorang anak berusia sembilan tahun mendapat perhatian publik setelah fotonya menjadi viral di media sosial. Di samping ibu yang berjualan ubi, Nian nian terlihat begitu serius mengerjakan tugas sekolahnya.

Nian nian memang tak seberuntung anak-anak lain. Namun seperti dilansir Daily Mail, Jumat (30/12/2016), ia tetap menemani sang ibu bekerja. Ia bahkan masih menyempatkan waktu membantu ibunya di pinggir Jalan Qindao.

Namun, pemandangan malam itu berbeda. Mungkin karena tugas akhir tahun yang harus dikerjakannya, Nian jadi harus mengerjakan PR-nya di atas tempat sampah.

Menurut laporan People's Daily Online, ada seorang pembeli yang iba melihat kegigihan Nian. Ia pun mengambil foto bocah tersebut dan menyebarluaskan fotonya di media sosial pada 21 Desember lalu. Ia berharap banyak orang mengunjungi gerobak ubi panggang tersebut.

Foto-foto ini kemudian dipublikasikan oleh harian Qingdao ke Weibo. Menurut laporan itu, Nian nian sering terlihat dekat dengan Qingdao Taitung Hotel. Ia memang sering menggunakan waktu luangnya untuk belajar.

Pedagang lain di sekitarnya mengatakan Nian nian anak yang pintar. Dia juga sering membantu ibunya membersihkan dan juga mengurus gerobak ibunya. Orangtua anak itu adalah pekerja migran dari Henan dan telah bekerja di Qingdao selama lebih dari sepuluh tahun.

"Ibunya bermarga Zhang. Ia memiliki gerobak yang menjual ubi panggang di musim dingin," ujar pedagang lain.

Setelah melihat foto Nian, banyak orang media sosial yang ingin membantu keluarga anak itu. "Di mana warungnya? Saya ingin membeli ubi manisnya."

Sedangkan yang lain berkomentar, "Semua penderitaannya akan berubah menjadi pengalaman berharga di masa depan. Saya berdoa yang terbaik untuknya."

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.