Sukses

Mandi Pagi Ternyata Bermanfaat Meningkatkan Kreativitas

Selain merangsang kreativitas, ternyata mandi juga memiliki manfaat lain jika dilakukan di lain waktu.

Liputan6.com, Jakarta Selain menyegarkan, ternyata mandi di pagi hari juga bisa merangsang kreativitas seseorang, demikian menurut dosen di Harvard University, Dr Shelley Carson.

Ia mengatakan bahwa mandi pagi dapat membantu mereka yang merasa stres karena pekerjaannya, ataupun akibat berada di bawah tekanan untuk menjadi seorang yang kreatif, seperti dilansir dari Dailymail, Kamis (29/12/2016).

“Ketika mandi, proses kognitif Anda menjadi rileks, beregenerasi, menjadi baru, serta ide-ide dan solusi dalam pikiran Anda akan dengan mudah muncul dengan sendirinya,” ujarnya,

Namun selain merangsang kreativitas, ternyata mandi juga memiliki manfaat lain jika dilakukan di lain waktu. Menurut ahli saraf di American Academy of Sleep Medicine, Christopher Winter, MD, mandi di malam hari dapat membantu Anda lebih mudah tertidur.

“Rasa dingin yang langsung terasa di tubuh ketika Anda keluar dari kamar mandi atau bak mandi, cenderung menjadi pendorong untuk pergi tidur,” ujarnya.

Namun ternyata tak hanya waktu mandi yang memiliki efek pada tubuh Anda, karena suhu air yang digunakan ketika mandi juga bisa berpengaruh. Misalnya, walaupun air panas terasa pas ketika digunakan untuk mandi, tetapi sebenarnya air hangat yang lebih baik untuk kulit Anda.

Mandi air panas mungkin terasa baik, tapi secara umum, air yang hangat lebih baik dari air panas. Karena, menggunakan air yang sangat panas dapat mengurangi kelembapan di kulit dan menghilangkan banyak pelumas alami kulit,” ujar seorang dokter kulit untuk kosmetik dan medis yang berbasis di New York, Derek V. Chan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini