Sukses

Ingat Baik-Baik 3 Hal Ini Sebelum Olahraga

Untuk mendapatkan hasil optimal dari aktivitas olahraga, penting sekali untuk memperhatikan pemakaian sepatu olahraga.

Liputan6.com, Jakarta Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang penting untuk dilakukan demi mendapatkan tubuh yang sehat dan prima. Selain menyehatkan, olahraga juga dapat membakar kalori dalam tubuh serta membantu memperlancar aliran darah.

Beragam jenis olahraga bisa Anda pilih yang sesuai dengan hobi atau kesukaan Anda, seperti Gym, Fitness, Aerobik, lari atau jogging hingga sepakbola. Dari sekian banyak jenis olahraga, sedikitnya ada 3 hal penting yang perlu diingat baik-baik supaya mendapatkan hasil yang optimal dari aktivitas berolahraga.

1. Waktu

Buat kamu yang menyukai olahraga lari atau jogging, sore hari menjadi waktu yang pas untuk melakukan olahraga ini. Di waktu ini, tubuh manusia berada pada titik tertinggi, otot menjadi lebih fleksibel sehingga menghasilkan energi yang cukup untuk melakukan olahraga.

Sore hari menjadi waktu yang pas untuk melakukan olahraga lari atau jogging.

Setelah menjalani aktivitas kantor, malam hari pukul 7-8 juga bisa menjadi waktu yang pas untuk berolahraga seperti fitness, aerobik. Olahraga malam membuat waktu tidur lebih cepat dan baik karena tekanan darah dan ketegangan otot yang berkurang. Hindari olahraga ketika Anda merasa lelah, kurang tenaga dan otot-otot pegal. Termasuk ketika waktu tidur Anda kurang.

2. Pakaian

Untuk olahraga seperti yoga atau senam lantai, kain yang mengandung serat wacking adalah pilihan yang bagus.

Gunakan pakaian yang bahannya mudah menyerap keringat. Umumnya kain mengandung polypropylene atau kain Coolmax dan Supplex merupakan pilihan yang baik sehingga keringat cepat menguap dan tubuh tetap sejuk. Hindari kain yang pori-porinya rapat atau bahkan tidak berpori dan jangan mengenakan pakaian yang terbuat dari bahan karet atau plastik.

Untuk olahraga seperti yoga atau senam lantai, kain yang mengandung serat wacking adalah pilihan yang bagus. Jika berolahraga di luar ruangan atau melakukan olahraga musiman, pakaian yang dikenakan juga harus disesuaikan dengan kondisi musim.

3. Sepatu

Olahraga yang dilakukan secara rutin membutuhkan sepatu khusus. Tak hanya melindungi telapak kaki, tetapi juga menjaga keseimbangan tubuh saat melakukan gerakan olahraga. Terdapat beberapa kategori dari sepatu olahraga, yaitu sepatu untuk berjalan, sepatu lari, sepatu bola, sepatu aerobik, hingga sepatu basket.

Sepatu olahraga untuk lari tentunya harus sangat fleksibel sehingga dapat mendukung aktivitas untuk menekuk tiap kali penggunanya melangkah. Sepatu jenis lari tentu tidak cocok untuk sepatu bola karena sepatu bola harus mampu meredam banyaknya tekanan pada kaki. Jika sepatu yang digunakan tidak sesuai, pemain bola berisiko mengalami kapalan pada permukaan kulit atau gangguan pertumbuhan kuku kaki.

Sepatu olahraga untuk lari tentunya harus sangat fleksible sehingga dapat mendukung aktivitas untuk menekuk tiap kali penggunanya melangkah

Begitu juga dengan sepatu untul olahraga basket dan tenis. Sepatu ini cenderung lebih kaku dan berat karena sesuai dengan kebutuhan penggunanya untuk lebih fleksibel bergerak ke samping.

Buat kamu yang ingin mendapatkan sepatu olahraga maupun sepatu bola yang sesuai dengan style dan gaya berolahraga, kamu bisa kunjungi Tokopedia. Beragam jenis dan merk sepatu olahraga bisa Anda temukan di Tokopedia, bandingkan tiap harga dari berbagai penjual untuk mendapatkan harga menarik.

Itulah 3 hal penting yang perlu diperhatikan sebelum berolahraga. Jika kamu belum bisa rutin berolahraga, cobalah untuk memulai hari ini. Dan jika ada perlengkapan olahraga yang kamu butuhkan kunjungi saja Tokopedia, toko online yang lengkap, aman, dan terpercaya.

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini