Sukses

Pentingnya Memulai Hari dengan Secangkir Kopi

Minum kopi di pagi hari akan memberikan energi tambahan bagi tubuh asal lakukan ini sebelumnya.

Liputan6.com, Jakarta Banyak penelitian yang berpendapat positif dan negatif dari mengonsumsi kopi setiap hari. Namun 15 tahun terakhir ini, penelitan tentang kopi cenderung ke arah positif dan menemukan banyak manfaat kopi terhadap kesehatan manusia.

Sebuah penelitian menemukan, manfaat kopi untuk otak akan memberikan efek yang sangat signifikan. Menurut penelitian, minum kopi tiga cangkir setiap hari mampu mengurangi kemungkinan demensia dan Alzheimer pada pria dan wanita, sebesar 65 persen.

Harvard Public School of Health melakukan penelitian terkait kopi dan menemukan, individu yang mengonsumsi dua hingga empat cangkir kopi sehari, menurunkan 50 persen risiko bunuh diri dibandingkan individu yang sama sekali tidak mengonsumsinya. Dikutip dari Sun Gazing, Selasa (27/12/2016).

Kafein dalam kopi juga telah terbukti mampu meningkatkan metabolisme dan penyedia energi tambahan, jika dikonsumsi pagi hari. Bahkan kafein juga berperan untuk membakar kalori yang dapat membantu Anda dalam penurunan berat badan.

Menurut Business Insider, hormon kortisol yang mengatur energi akan memuncak pada 08.00 dan 09.00 pagi. Sementara 30 menit kemudian, tubuh membutuhkan energi tambahan yang bisa diperoleh dari kafein pada kopi.

Namun, dalam laman Express menyatakan agar individu tidak mengonsumsi kopi di pagi hari sebelum makan. 

Apoteker asal Lloyds, Nitin Makadia mengatakan: "Kafein dalam kopi akan merangsang produksi asam pada lambung jika perut tidak terisi oleh makanan dan berpotensi merusak lapisan perut".

Jadi sebelum Anda menyeruput secangkir kopi di pagi hari, sarapan terlebih dahulu ya!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini