Sukses

Keuntungan Sikap ‘Childish’ yang Belum Diketahui Banyak Orang

Liputan6.com, Jakarta Sikap atau kekanak-kanakan umumnya dianggap negatif oleh banyak orang. Ini dikarenakan mereka yang berperilaku seperti itu dinilai kurang dewasa dan kesulitan untuk menanggapi suatu hal dengan serius.
childish
Jangan salah, sikap childish sebetulnya tidak selalu membawa efek negatif terhadap diri sendiri dan juga orang-orang di sekitar kita. Bahkan, sikap ini, jika diterapkan di beberapa tempat atau ditonjolkan dalam situasi-situasi tertentu, justru memberikan efek positif.

Berikut penjelasannya versi Reader’s Digest, Senin (26/12/2016).

Membawa keceriaan di tempat kerja

Tidak bisa dipungkiri bahwa tempat kerja adalah tempat di mana kita harus menunjukan keseriusan menjalankan tugas dan tempat di mana kita harus menunjukan kedewasaan dalam bersosialisasi.

Namun bersikap childish sebetulnya juga sangat diperlukan untuk mengurangi stres dalam pikiran lantaran selalu dipicu oleh atmosfir bekerja yang umumnya selalu intens. Childish dalam hal ini maksudnya adalah selalu terlihat ceria, ketika berbicara dengan kolega, saat berpapasan dan menyapa kolega, layaknya anak kecil.

Membuat lelucon yang tak masuk akal namun bisa membuat orang tertawa, membawakan aura riang gembira sembari menyanyikan lagu dengan suara manja seperti anak kecil — semua hal itu bisa mengubah suasana di tempat kerja yang selalu intens.

Ini tentunya bisa mengurangi potensi adanya perseteruan antara Anda dengan orang-orang di sekitar. Anda pun akan membawa energi positif. Meski kemungkinan besar dianggap menyebalkan, namun lebih baik begitu dibandingkan dianggap sebagai orang yang membosankan dan menjadi sumber kebencian.

Tetapi ingat, bersikap childish bukan berarti Anda mengabaikan tugas Anda di kantor. Pekerjaan tetap harus dinomorsatukan, yang penting adalah bagaimana Anda membawakan aura positif yang ceria layaknya anak kecil yang tidak menganggap semua hal negatif dan terlihat polos.

1 dari 2 halaman

Membuat hubungan asmara lebih berwarna

Tidak hanya berlaku di tempat kerja saja, bertindak childish juga bisa membuat hubungan asmara lebih berkobar dan bertahan lebih lama.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Play tahun 2012 lalu mengungkap adanya keistimewaan tersendiri yang dimiliki oleh pasangan yang berperilaku childish.

Ini dikarenakan, perilaku tersebut tentunya diasosiasikan dengan tindakan-tindakan penguat hubungan asmara seperti kemanjaan antar satu sama lain dan keinginan lebih untuk bersikap romantis.

Para wanita yang bersikap childish umumnya terlihat lucu dan menggemaskan di mata pasangannya. Pasalnya sikap ini akan membuat hubungan menjadi lebih romantis dan bergairah.

Kemudian tingkah laku childish juga bisa membuat keduanya lebih nyaman terhadap hubungan mereka lantaran dianggap seru dan penuh petualangan layaknya anak kecil.

Namun tetap harus diingat bahwa tingkah laku dan cara pikir yang childish tidak disarankan ketika membuat keputusan penting.