Sukses

3 Pemicu Munculnya Alergi Saat Perayaan Natal

Liputan6.com, Jakarta Jelang perayaan Natal, berbagai persiapan medekorasi dilakukan. Pohon Natal, kado, dan pernak-pernik menambah semarak perayaan natal 2016.

Bagi Anda dan keluarga, acara berkumpul bersama kerabat dengan hidangan makanan dan minuman bak ritual yang harus dijalani.

Di balik semarak Natal, bayang-bayang alergi yang diakibatkan pernak-pernik Natal bisa menyerang siapa saja. Dikutip dari situs Mirror, Sabtu (24/12/2016), berikut ini beberapa penyebab alergi selama Natal.

Alergi pohon Natal

Pohon cemara atau pinus dapat membuat Anda bersin-bersin dan gejala hayfever berupa hidung tersumbat. Sekelompok peneliti dari Upstate Medical University di New York, Amerika Serikat menemukan, pohon Natal yang mengandung berbagai serbuk sari dari pohon-pohon lain akan bersarang di kulit.

Spora jamur dan serbuk sari ini memicu alergi. Untuk menghindari alergi pohon Natal, Anda bisa mengenakan  baju lengan panjang dan sarung tangan saat menghias pohon untuk menghindari iritasi pada kulit.

Alternatif lain, Anda bisa mempertimbangkan untuk memakai pohon Natal buatan.

Reaksi makanan berlebih

Kelezatan makanan saat Natal dapat membahayakan bagi orang-orang yang punya alergi makanan seperti kacang. Jika tidak hati-hati dalam memilih makanan, Anda akan terserang gatal-gatal dan bengkak yang mengancam jiwa.

Penggunaan bahan-bahan tertentu berupa gandum juga menyebabkan kram perut, perut kembung, dan diare. Anda dapat mengantisipasi dengan menghindari makanan yang sekiranya membuat Anda alergi. 

Berhati-hatilah pada makanan ala buffet (prasmanan) karena peralatan makanan sering digunakan untuk beberapa hidangan. Jika ingin lebih aman, Anda bisa membawa camilan sendiri untuk mengganjal perut.

Alergi debu

Bagi Anda yang menderita alergi asma, hindari mendekorasi pohon Natal. Lokasi penyimpanan pohon Natal di ruang bawah tanah atau loteng menimbulkan banyak debu.

Ketika debu dibersihkan, partikel kecil debu bisa masuk ke hidung dan paru-paru, yang akan memicu serangan bersin dan asma.

Untuk mengantisipasi hal itu, bersihkan pohon Natal beserta dekorasi di luar ruang penyimpanan. Jika Anda menggunakan pohon Natal buatan, bawa keluar dan segera cuci dengan selang air.

Artikel Selanjutnya
Makan Daging Kambing Libido Meningkat, Mitos atau Fakta?
Artikel Selanjutnya
Top 3: Fenomena Aneh Selain Hujan di Tebet, Cuit Ucapan Idul Adha