Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

Verifikasi UmurStop di Sini

3 Cara Bersihkan Vagina Usai Berhubungan Seks

Bagaimana cara membersihkan vagina setelah berhubungan seks?

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda membersihkan vagina tiap kali usai berhubungan seks? Sebagian besar wanita beranggapan, vagina mempunyai caranya sendiri untuk membersihkan diri. Seperti keputihan yang dialami wanita.

Meskipun dianggap mengganggu, keputihan adalah salah satu cara vagina membersihkan sendiri dari bakteri yang ada di vagina. Namun, tak ada salahnya, Anda membersihkan vagina. Kecemasan yang kerap dialami, seperti takut terkena infeksi atau tertular penyakit seksual lain setelah bercinta termasuk hal wajar.

Anda bisa mencegah kecemasan dengan membersihkan vagina dengan cara berikut, seperti dilansir laman Bustle, Kamis (22/11/2016):

Keringkan vulva dan labia

Vagina harus tetap hangat. Jika vagina Anda basah, bakteri dan jamur akan mudah berkembang. Keringkan bagian vulva dan labia Anda. Ganti celana dalam yang kering.

Buang air kecil

Salah satu cara mencegah infeksi saluran kemih (ISK), yaitu buang air kecil. Anda bisa buang air kecil setelah berhubungan seks. Hal ini dikarenakan saat berhubungan seks, bakteri bisa tertahan di uretra Anda.

Hindari membersihkan langsung dengan sabun

Jika Anda biasa mandi atau membersihkan vagina memakai sabun setelah berhubungan seks, sebaiknya Anda harus berhenti melakukan hal itu. Zat kimia yang terkandung pada sabun akan memperburuk vagina. 

Anda akan terkena infeksi bakteri vaginosis, yang menyebabkan peradangan pada vagina.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini