Sukses

Bepergian Saat Natal Gunakan Pesawat, Waspadai 5 Gangguan Ini

Jika Anda pergi ke luar kota gunakan pesawat saat hari natal, hati-hati dengan lima penyakit ini

Liputan6.com, Jakarta Libur panjang menjelang natal dan tahun baru siap menanti. Banyak dari Anda mungkin yang telah mempersiapkan tiket pesawat untuk mengunjungi sanak saudara yang jauh.

Namun berada di dalam pesawat dengan jarak jauh tak menutup kemungkinan Anda terkena gangguan kesehatan. Jadi pastikan untuk memperhatikan beberapa hal berikut, seperti dilansir Daily Star, Kamis (22/12/2016):

1. Kaki membengkak

Terlalu lama duduk dengan posisi kaki terus ke bawah, akan memicu Deep Vein Thrombosis (DVT) atau penggumpalan darah akibat sirkulasi darah yang buruk selama duduk di dalam pesawat. 

Pada anak-anak, posisi tidur yang tidak nyaman juga akan membuatnya mudah lelah dan rewel. Setidaknya, ajak anak menggerakkan tubuhnya setiap sejam sekali. Hal ini akan mengurangi risiko kram otot. Jika Anda terjebak di kursi jendela, pastikan untuk meregangkan dan melenturkan kaki, pergelangan kaki sambil duduk.

2. Kembung

Karena tekanan udara di pesawat jauh lebih rendah dibandingkan di permukaan tanah, maka hal yang lumrah bila Anda kembung di dalam pesawat. Untuk meminimalisir rasa kembung, Anda bisa menghindari makanan seperti brokoli, kacang atau kol sebelum atau selama penerbangan.

3. Kulit kering

Tidak mengherankan, udara di 35.000 kaki akan membuat kulit dan mata jauh lebih kering. Masalahnya, udara kering ini sangat berisiko bagi penderita asma.

Untuk mencegah sesuatu yang tidak diinginkan, pastikan Anda tetap terhidrasi. Simpanlah botol air minum atau minta pramugrari untuk menyediakan kopi atau teh agar kulit tetap lembap.

4. Sembelit

Duduk lama di kursi pesawat juga akan memicu sembelit. Untuk menghindari hal ini, pastikan Anda mengonsumsi makanan tinggi serat seperti oatmeal sebelum penerbangan dan minum banyak air agar Anda tetap terhidrasi.

5. Sakit kepala saat mendarat

Tekanan udara saat mendarat juga bisa menyebabkan gangguan fungsi telinga tengah. Hal ini dapat mengakibatkan sakit telinga dan sakit kepala berdenyut.

Jadi pegang hidung Anda atau kunyah satu permen karet untuk membantu meringankan ketidaknyamanan itu. Jangan sampai suasana natal jadi rusak karena Anda kurang sehat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.