Sukses

Ekpresikan Hari Ibu 2016 Sesuai Gaya Sang Ibu

Tak hanya ucapan terima kasih, Anda bisa mengekspresikan cinta kepada ibu dengan cara yang berbeda di Hari Ibu 2016

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda sudah mengucapkan "Terima Kasih Ibu", "Aku Cinta Ibu" atau sekadar memeluk ibu sesudah bangun tidur di Hari Ibu 2016 ini?

Memang cara paling mudah menunjukkan rasa syukur karena ibu telah mengandung, melahirkan, dan merawat kita adalah dengan memberi ucapan "Terimakasih, Ibu". Namun, Anda juga bisa mengekspresikan cinta kepada ibu sesuai gaya yang disukai ibu.

Saat berbincang dengan Health-Liputan6.com usai acara "Lactamil Ajak Keluarga Rayakan Hari Mama Tiap Hari" di Hotel Royal Kuningan Jakarta pada Rabu (21/12/2016), Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani mengatakan, penghargaan kepada ibu bisa berupa belaian kasih sayang dan pujian.

"Misal, pengakuan dari para suami dan anak 'Anda adalah Mama yang selalu menemani dan kami bersyukur karena Mama ada'. Kalimat seperti ini menjadi hal penting karena memberikan rasa lebih  nyaman dan Anda juga makin menikmati peran sebagai ibu," kata Nina, panggilan akrabnya.

Cara buat ibu terharu

Anda mungkin berpikir, bagaimana mengekspresikan diri Hari Ibu 2016 yang bisa membuat ibu terharu? Nina menilai, masing-masing orang punya gaya sendiri untuk mengekspresikan cinta.

Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani saat berbincang soal cara ekspresikan cinta ke ibu (Foto: Liputan6.com/Fitri Haryanti Harsono)

Namun, yang paling membuat rasa hati ibu membuncah bahagia adalah ekspresi cinta sesuai gaya yang diharapkan ibu.

"Saya ini senang sekali mengungkapkan kata-kata. Jadi, ketika suami saya memberikan kata-kata sayang rasanya itu luar biasa. Ada juga klien-klien saya yang menceritakan pengalamannya sendiri. Sebagai istri, klien saya sangat senang dipeluk tapi suaminya ternyata tidak suka memeluk, ia malah suka kasih kado. Nah, itu bentuk ekspresi cinta tapi karena tidak sesuai dengan gaya si ibu tadi. Ia protes, kok suami dianggap tidak cinta. Padahal, suaminya sudah memberikan kado terus," kata Nina menjelaskan.

Untuk itu, kenali gaya istri dan ibu Anda. Cara mengungkapkan cinta yang sesuai dengan gaya si ibu menjadi kado berharga dan lebih membuat terharu di Hari Ibu 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.
    Hari Ibu Nasional ditetapkan untuk menghargai kedudukan dan peran seorang ibu dalam keluarga, dan dalam upaya menciptakan generasi penerus.

    Hari Ibu

  • Hari Ibu 2016