Sukses

Ini Kenapa Daging Olahan Jadi Ancaman Serius Bagi Penderita Asma

Penderita asma disarankan untuk menghindari mengonsumsi daging olahan.

Liputan6.com, Jakarta Berita buruk bagi penderita asma, ternyata ada jenis makanan tertentu yang patut dihindari agar kondisi tidak memburuk. Jenis yang dimaksud adalah daging olahan seperti sosis dan salami.

Seperti dimuat laman BBC, Kamis (22/12/2016), sebuah penelitian di Perancis yang melibatkan 1,000 orang mengungkap fakta adanya dampak buruk dari daging olahan terhadap penderita penyakit asma.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Thorax itu menemukan fakta bahwa, bahan pengawet yang digunakan dalam daging olahan dan juga di bagian luarnya sebagai selaput yang menyelimutinya yaitu, nitrit, menghambat saluran udara yang masuk ke dalam sela daging sehingga membuatnya tidak segar atau pun bernutrisi.

Para ilmuwan dalam penelitian tersebut mengungkap bahaya yang kemungkinan besar dihadapi seorang penderita asma jika mengkonsumsi lebih dari empat porsi daging olahan dalam kurun waktu seminggu.

Selain itu, daging olahan juga sudah kerap kali diasosiasikan dengan penyakit kanker lantaran dianggap bisa menjadi sumbernya.

Sayangnya, daging olahan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat disukai banyak orang dan kerap dijadikan bekal untuk anak sekolah. Tentunya menghindari makanan yang terasa nikmat di lidah ini tidak mudah untuk dilakukan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.