Sukses

Setelah Seks, Wanita Dilarang Lakukan 3 Hal Ini

Untuk menjaga kesehatan, pastikan Anda tidak melakukan hal-hal berikut setelah berhubungan seks.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melakukan hubungan seks yang panas bersama pasangan, tubuh akan bereaksi. Bagi wanita, jaringan vagina biasanya membengkak setelah sesi bercinta yang menggebu. Jika tak hati-hati, kondisi tersebut memungkinkan vagina terinfeksi.

Untuk menjaga kesehatan, pastikan Anda tidak melakukan hal-hal berikut setelah seks, seperti dilansir laman The Sun, Selasa (20/12/2016):

1. Membasuh dengan sabun

Anda tentu ingin menyegarkan diri setelah bercinta. Membasuh organ intim boleh saja, hanya pastikan Anda tidak menggunakan sabun.

Produk sabun bisa menyebabkan iritasi dan kemungkinan Anda pun bisa mengalami reaksi alergi.

Ginekolog Leslie E.F.Page, M.D mengatakan pada Women's Health, "Ketika jaringan vagina mendapat pelumas, membengkak, dan mendapat stimulasi selama hubungan seksual, kondisi itu akan mengubah reaksi jaringan terhadap lingkungannya. Biasanya hal ini menyebabkan risiko infeksi lebih besar."

Vagina merupakan organ tubuh yang mampu membersihkan dirinya sendiri dan harus diperlakukan dengan amat hati-hati, Leslie menambahkan. Jadi sebaiknya hindari membasuhnya dengan sabun setelah berhubungan seks. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berendam air panas

2. Berendam air panas

Berendam air panas setelah berhubungan seks memang terdengar menyenangkan dan romantis. Tapi hal itu bukan ide yang baik untuk kesehatan organ intim wanita.

"Ketika vulva membengkak sebagai bentuk respon stimulasi seksual, itu akan membuat vagina terbuka yang artinya Anda berisiko tinggi mengalami infeksi," ujar Leslie.

"Bila Anda berendam air panas bersama pasangan, artinya Anda terpapar bakteri dari kulit serta anusnya," tambah Leslie.

3. Tidak buang air kecil

Jangan menunda buang air kecil setelah berhubungan seks. Ini penting dilakukan. Berkemih membantu membersihkan organ intim dari bakteri yang kemungkinan terpapar ketika sesi bercinta.

Bakteri tentu saja merupakan kabar buruk bagi wanita mana pun karena bisa menyebabkan infeksi kandung kemih. Jadi setidaknya usahakan buang air kecil sejam setelah setelah Anda berhubungan seks.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.