Sukses

8 Hal Ini Tak Pernah Dilakukan Orang Pintar

Orang pintar tak selalu merasa perlu untuk memamerkan kehebatannya di depan orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Ada hal-hal tertentu yang orang-orang pintar lakukan untuk menunjukkan kemampuannya. Namun di sisi lain, mereka memilih untuk tidak melakukan sesuatu di depan orang lain. Apa saja?

Berikut ulasannya, seperti dilansir Step to Health, Senin (19/12/2016):

1. Tidak pernah memotong atau menyela pembicaraan orang lain

Orang dengan kecerdasan sosial biasanya tidak merasa perlu untuk menyela pembicaraan orang. Mereka hanya akan sabar menunggu giliran untuk berbicara. Mereka tidak ingin memaksakan sudut pandang, karena mereka yakin dengan apa yang mereka katakan.

2. Tidak selalu fokus pada diri sendiri

Orang-orang cerdas secara sosial tahu pentingnya maju dan memperbaiki diri. Mereka paham betul hubungan interpersonal perlu waktu dan perhatian. Inilah kenapa mereka suka menciptakan kebiasaan tertentu dengan teman-teman, keluarga, juga untuk diri mereka sendiri.

Mereka memiliki kemampuan untuk memahami, mereka bukan pusat dunia sehingga bila ada yang membutuhkan dukungan, mereka tahu bagaimana untuk mengatakan "tidak" bila diperlukan.

3. Tidak pernah menghakimi

Pertanda kecerdasan emosional dan intelektual yang baik adalah memahami perbedaan yang dimiliki orang lain. Tak heran, dia akan menjadi orang yang lebih terbuka dan menerima tanpa perlu memiliki pendapat yang sama seperti orang lain.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Tidak mengubah pendapat

Inilah kemampuan yang hanya dimiliki orang cerdas. Mereka begitu yakin karena mereka banyak mengetahui sesuatu. Itulah penting untuk berbicara dengan mereka dengan hormat dan kesabaran.

Ketika Anda memahami pendapat orang lain dan dapat mengekspresikan pendapat Anda sendiri dengan hormat, situasi menjadi lebih sehat, lebih produktif dan damai. Anda tidak perlu membuat orang lain merasa rendah diri untuk menunjukkan Anda benar.

5. Tahu bagaimana mengontrol suara ketika sedang bicara dengan orang lain 

Cara terbaik orang yang memiliki kecerdasan adalah mengatasi masalah tanpa kemarahan dan agresi pasif yang menyamar sebagai langkah penegasan. Orang-orang pintar ini memiliki kepercayaan diri untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Mereka tahu bagaimana untuk mendengarkan dan berpartisipasi dalam percakapan. 

6. Kritis

Banyak orang menyebut diri mereka "antisosial" dan cenderung terus-menerus mengkritik orang bahkan diri mereka sendiri. Tapi terlepas dari penampilannya, hal ini menunjukkan bahwa orang pintar itu tahu bagaimana berhubungan dengan orang lain dan menemukan hal positif dari mereka. 

7. Memiliki bahasa tubuh yang baik

Orang-orang cerdas itu bisa memastikan mereka mengirim pesan tubuh positif pada orang lain. Ketika ada kontak visual, senyum misalnya, hal ini akan menunjukkan Anda ramah, terbuka dan sama sekali tidak menakutkan. Jika Anda berdiri tegak, orang lain akan melihat bahwa Anda adalah orang yang aman.

8. Mereka lebih suka memulai interaksi daripada menunggu ditanya

Jika Anda ingin menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda penting bagi mereka, Anda harus mengambil inisiatif untuk memulai interaksi. Anda dapat melakukan ini hanya seperti ini:

- Tetap berhubungan dengan panggilan telepon atau pesan teks

- Mengunjungi teman-teman Anda

- Mengatur waktu kumpul bersama keluarga atau sahabat

- Meskipun beberapa orang dilahirkan dengan kepintaran atau kecerdasan sosial namun siapa pun sebenarnya bisa mengubah dirinya menjadi lebih baik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini