Sukses

Penjelasan Manfaat Air Garam untuk Tenggorokan

Manfaat air garam sudah lama diketahui orang untuk mengobati sakit tenggorokan. Selanjutnya, apa saja manfaat air garam?

Liputan6.com, Jakarta Coba sebutkan apa saja manfaat air garam. Kebanyakan orang pasti langsung menjawab untuk mengobati sakit tenggorokan. Kemudian, manfaat air garam lainnya adalah menghilangkan nyeri akibat gigi berlubang.

Manfaat air garam untuk mengobati sakit tenggorokan sudah banyak tertulis di mana-mana. Orang tua kita sendiri bahkan sudah sejak lama mempercayai bahwa mencampurkan beberapa sendok garam ke dalam gelas air hangat dapat membantu menenangkan tenggorokan yang terkena infeksi.

Bakteri, seperti penyebab sakit tenggorokan, adalah organisme bersel tunggal yang dapat berkembang biar dengan cepat jika dibiarkan. Ketika reproduksi mereka berputar di luar kendali, dan tubuh tidak mempunyai kemampuan untuk melumpuhkan bakteri-bakteri itu, tubuh kita pun mudah sekali rontok dan jatuh sakit.

Salah satu penyakit akibat bakteri yang paling umum adalah sakit tenggorokan. Ketika berkumur dengan air garam terkonsentrasi, osmosis pun terjadi.

Dikutip dari situs Zidbits pada Senin (19/12/2016), osmosis adalah perpindahan molekul air melalui selaput semipermiabel selektif dari bagian yang lebih encer ke bagian yang lebih pekat. Membran semipermeabel harus dapat ditembus oleh pelarut, tetapi tidak oleh zat terlarut, yang mengakibatkan gradien tekanan sepanjang membran.

Manfaat air garam kemudian dapat Anda sesudah garam konsentrasi yang terkandung di dalam garam berhasil menarik cairan berlebih dari tenggorokan. Cairan berlebih atau edemas secara alami terjadi selama infeksi.

Ketika cairan berlebih itu keluar, tenggorokan Anda pun merasa lebih baik.

Karena garam larut di dalam air hangat, dianjurkan berkumur sampai delapan kali sehari agar Anda merasakan manfaat air garam untuk meredakan tenggorokan yang sakit dan membantu mengurangi pembengkakan dan nyeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini