Sukses

Jangan Sampai Terlambat, Ketahui Gejala Kanker Paru

Kanker paru merupakan salah satu penyebab kematian laki-laki terbesar di Indonesia. Pastikan Anda tahu gejalanya.

Liputan6.com, Jakarta Kanker paru adalah keganasan yang berasal dari sel jaringan (epitel) tidak normal dalam paru. Sel yang membelah dan tumbuh tak terkendali akhirnya menyebar dan tumbuh di organ luar paru. Jenis kanker ini merupakan penyebab utama kematian di dunia, sekiranya sepertiga dari seluruh kematian kanker pada laki-laki terjadi akibat kanker paru.

Menengok kasus kanker paru di Indonesia, negara yang memiliki populasi perokok tinggi ini menduduki peringkat ketiga perihal kasus kanker paru. Bahkan World Health Organization (WHO) melaporkan hampir 1,6 juta pasien kanker paru yang meninggal pada tahun 2012.

Risiko kanker paru meningkat pada mereka yang sering berhadapan dengan asap rokok, seperti perokok aktif, perokok pasif, atau mereka yang terpajan dengan bahan-bahan karsinogen seperti asbes dan radon. Dan berikut gejala kanker paru yang harus Anda ketahui :

1. Kelelahan
2. Penurunan aktivitas
3. Batuk
4. Sesak napas
5. Penurunan nafsu makan
6. Penurunan berat badan
7. Nyeri dada
8. Batuk darah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.