Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

18 Tahun

LanjutkanStop di Sini

Masturbasi Berlebihan Bisa Berbahaya, Hindari dengan Cara Ini

Masturbasi berlebihan bisa meningkatkan risiko infeksi pada alat kemaluan. Sebaiknya hindari dengan cara ini

Liputan6.com, Jakarta Masturbasi boleh saja dilakukan tapi jangan terlalu sering. Anda yang terlalu sering masturbasi, bahkan di luar batas kewajaran, berisiko mengalami perubahan pola tidur, mudah stres, gampang panik, tubuh selalu merasa lemas, dan konsentrasi menurun.

Pada wanita, masturbasi memang tidak dapat memengaruhi keperawanan. Asal tidak terjadi robekan pada daerah selaput dara (hime). Anda juga harus tahu, masturbasi dapat menyebabkan luka dan peningkatan risiko infeksi pada kemaluan akibat penggunaan benda-benda yang tidak terjamin kebersihannya.

Dikutip dari situs Klik Dokter, Sabtu (17/12/2016), dr Fiona Amelia MPH menulis beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk mengalihkan perhatian setiap kali muncul rasa ingin melakukan masturbasi.

Menurut dr Fiona, dengan menyalurkan hasrat tersebut ke sejumlah kegiatan yang lebih positif seperti olahraga, bekerja, atau kegiatan lain yang disenangi, hasrat untuk masturbasi akan hilang dengan sendirinya.

Dia juga mengatakan, akan lebih baik apabila kita memanfaatkan waktu luang yang ada untuk melakukan olahraga atau hobi yang lebih bermanfaat dibanding melakukan masturbasi. Hindari beragam hal yang dapat memicu kita melakukan masturbasi, seperti melihat gambar atau membaca buku yang merangsang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini