Sukses

Kekurangan Vitamin D Memungkinkan Ibu Hamil Lahirkan Anak Autis

Vitamin D memainkan peran penting dalam perkembangan otak.

Liputan6.com, Jakarta Kekurangan vitamin D saat kehamilan berpotensi melahirkan anak dengan ciri-ciri autis. Hal ini dipublikasikan dalam jurnal Molecular Psychiatry pada November lalu.

Peneliti mengetahui hal ini setelah menganalisis kadar vitamin D dari 4.200 sampel darah wanita hamil dan anaknya. Sampel darah diambil saat usia kehamilan 21 minggu dan pada saat lahir. Lalu, pada saat anak berusia enam tahun dilakukan tes untuk mengetaui gejala autsime.

Setelah penelitian selesai, peneliti mengatakan ibu yang kadar vitamin D rendah, saat anak berusia enam tahun lebih nampak ciri-ciri autisme pada anak. Berbeda kondisinya dengan ibu yang tingkat vitamin D lebih tinggi.

Seperti mengutip Good Housekeeping, Jumat (16/12/2016) hasil studi ini tidak mengejutkan. Studi sebelumnya mengungkapkan vitamin D memainkan peran penting dalam perkembangan otak. Bila saat hamil kekurangan vitamin D bisa membuat masalah pada anak sepertii skizofrenia dan asma.

Oleh karena itu, ibu hamil jangan sampai kekurangan vitamin D. Anda bisa mendapatkannya secara mudah dari sinar matahari pagi. Lalu, beberapa makanan seperti telur, salmon, susu, dan sarden.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.