Sukses

9 Manfaat Kesehatan Rambut Jagung yang Tak Terungkap

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang mungkin hanya terpikir untuk mengonsumsi biji jagung. Selain mudah untuk dijadikan bahan makanan, biji jagung juga memiliki banyak nutrisi seperti karbohidrat, protein, vitamin, besi, kalium dan sebagainya. Namun ada yang sering terlewatkan, rambut jagung yang muncul dalam sekam ternyata juga memiliki manfaat kesehatan.

Berikut ini ada beberapa manfaat teh rambut jagung yang mungkin belum Anda ketahui, seperti dilansir Step to Health, Kamis (15/12/2016):

 

1. Melindungi saluran kemih

Sifat antiseptik dan diuretik dari rambut jagung mampu mencegah infeksi yang mempengaruhi saluran kemih. Ketika Anda mengonsumsi teh ini, bisa membantu mengurangi peradangan, mencegah iritasi, dan mengurangi pertumbuhan bakteri.

2. Mengatasi nyeri sendi

Sifat anti-inflamasi dan basa dari bahan organik ini sangat baik untuk pengobatan nyeri sendi. Teh rambut jagung dapat mengurangi tingkat keasaman tubuh, dan mengurangi kemungkinan reaksi inflamasi.

3. Mengatur tekanan darah tinggi

Rambut jagung sangat baik bagi orang-orang yang sedang berjuang dengan tekanan darah tinggi. Kandungan flavonoid di dalamnya dapat meningkatkan sirkulasi dan mengatur tekanan darah ke seluruh tubuh Anda.

Rambut jagung juga membantu mengontrol tingkat natrium dalam tubuh yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi.

4. Melawan hidung tersumbat

Rambut jagung dapat membantu membersihkan saluran pernapasan, mengurangi peradangan di tenggorokan dan mengendalikan gejala utama dari pilek dan flu. Sifat ekspektoran yang dimilikinya mampu meredakan hidung tersumbat.

1 dari 3 halaman

Detoksifikasi tubuh

5. Membantu detoksifikasi tubuh

Antioksidan yang terkandung dalam rambut jagung juga dapat merangsang penghapusan racun yang disimpan dalam tubuh. Tentunya hal ini akan mengurangi kerja hati sehingga tubuh dapat mengoptimalkan fungsi ekskresi dan penurunan risiko perlemakan hati.

6. Mengatur gula darah

Pasien yang memiliki diabetes tipe 2 juga dapat mengambil keuntungan dari rambut jagung. Sebab rambut jagung dapat membantu mengatur produksi insulin dan meningkatkan daya tahan tubuh.

7. Meringankan sakit kepala

Daripada mengonsumsi obat-obatan, ada baiknya megonsumsi teh rambut jagung untuk mengurangi sakit kepala kronis. Rambut jagung bisa menenangkan saraf, meningkatkan sirkulasi darah, dan mengurangi kekakuan di bahu, leher, dan rahang.

8. Mengontrol ketegangan otot

Teh rambut jagung sangat dianjurkan untuk atlet karena membantu menenangkan ketegangan otot setelah aktivitas fisik dengan intensitas tinggi. Selain rendah kalori, rambut jagung juga membantu rehidrasi tubuh dan menjaga kadar elektrolit Anda tetap seimbang.

9. Membantu penurunan berat badan

Bila Anda sedang diet, tak ada salahnya mencoba teh rambut jagung. Sifat diuretik dalam rambut jagung dapat mendukung orang-orang yang mencoba untuk menurunkan berat badan.

Minum teh rambut jagung juga akan memperpanjang perasaan kenyang, meningkatkan metabolisme, mengendalikan peradangan, dan membantu proses pembuangan racun dalam tubuh.

2 dari 3 halaman

Cara membuat teh rambut jagung

Cara membuat teh rambut jagung

Teh rambut jagung ini adalah cara yang paling dianjurkan untuk mendapatkan manfaat kesehatan.

Bahan

3 sendok makan sutra jagung (30 g) dan 1 liter air

Persiapan

- Didihkan air, lalu kecilkan api dan masukkan rambut jagung.

- Biarkan mendidih ini selama dua menit, angkat, dan saring airnya.

- Minum antara tiga sampai empat cangkir sehari.

Kontraindikasi

wanita hamil atau orang yang menderita penyakit ginjal sebaiknya tidak minum teh rambut jagung. Jika Anda mengonsumsi obat untuk tekanan darah tinggi, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dengan dokter sebelum mencobanya.

Artikel Selanjutnya
Tisane, Teh Herbal dari Prancis untuk Redakan Nyeri Menstruasi
Artikel Selanjutnya
Khasiat Secangkir Teh yang Dapat Redakan Rasa Nyeri dan Migrain