Sukses

5 Penyakit Kulit Ini Bisa Berkembang di Vagina

Kebersihan dan kesehatan kulit di area vagina tak boleh lupa diperhatikan.

Liputan6.com, Jakarta Kondisi kulit yang ekstrem dapat muncul di beberapa bagian tubuh Anda, seperti lengan dan kaki. Tapi gejala kulit ekstrem juga muncul pada vagina. Anda harus berhati-hati bila melihat gejala kulit yang terjadi di sekitar area vagina.

Jika dibiarkan, kondisi dan gangguan kulit di area ini dapat memperburuk kesehatan vagina sehingga menimbulkan ketidaknyamanan. Melansir laman The Health Site, Kamis (15/12/2016), dermatologis Dr Sejal Shah mengemukakan lima kondisi kulit pada area vagina.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Lichen sclerosis

Lichen sclerosis (Sumber: The Health SIte)

Kondisi ini ditandai dengan kulit kasar berwarna putih atau merah yang dapat terjadi di beberapa bagian tubuh Anda, termasuk kulit vulva Anda.

Wanita sering mengalami gejala kulit ini pasca-menopause dan efek dari pengobatan steroid topikal (menggunakan olesan krim atau salep).

3 dari 6 halaman

Psoriasis

Psoriasis (Sumber: The Health Site)

Psoriasis merupakan gejala paling umum yang memengaruhi alat kelamin. Psoriasis ditandai dengan guratan halus dan kering yang menyebar ke lipatan paha Anda.

Meskipun tidak ada obat untuk psoriasis, pengobatan steroid topikal dan non-steroid dapat membantu meredakan gejala kulit.

4 dari 6 halaman

Eksim

Eksim  (Sumber: The Health Site)

Eksim adalah ruam merah dan gatal pada bagian vagina Anda. Eksim adalah salah satu bentuk dari penyakit auto-imun, namun pemakaian produk sabun yang tidak tepat dapat mengiritasi kulit vagina.

Pengobatan steroid topikal dapat membantu meredakan ketidaknyamanan pada vagina Anda.

5 dari 6 halaman

Contact Dermatitis

Contact dermatitis (Sumber: The Health Site)

Gejala kulit karena terlalu banyak menggunakan parfum di dekat vagina sehingga menyebabkan kulit Anda beruam merah gatal dan lecet. Cara terbaik menghilangkannya, adalah dengan berhenti menggunakan produk dengan pewangi di sekitar area vagina. 

6 dari 6 halaman

Vitiligo

Vitiligo (Sumber: The Health Site)

Gejala kulit yang ditandai kulit berwarna putih. Guratan kulit pada vagina Anda dapat disinyalir vitiligo--kondisi kulit yang merusak sel-sel pigmen di kulit Anda. Vitiligo termasuk penyakit genetik namun Anda bisa meminta resep obat dari dokter untuk memperlambat penyebarannya. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.