Sukses

Topi Penyebab Pria Alami Kebotakan

Teori topi dapat menyebabkan kebotakan mungkin didasarkan pada fenomena ini

Liputan6.com, Jakarta Pria yang senang bertopi kabarnya cepat mengalami kebotakan. Tapi, benarkah penyebabnya topi?

Sebuah video Mental Floss berjudul "Do Hats Cause Balding?" menjawabnya. Host dalam video tersebut Craig mengatakan kebotakan bukan akibat sering memakai topi. Pria mengalami kebotakan karena hormon.

Silent killer dari kepala yang dipenuhi rambut disebut dihydrotestosterone, atau DHT. Dan produksinya ditentukan gen Anda.

Seperti dilansir Medicaldaily, Kamis (15/12/2016) teori topi dapat menyebabkan kebotakan mungkin didasarkan pada fenomena yang disebut alopecia traksi.

"Ini adalah ketika rambut menipis karena traksi yang konsisten. Hal ini terjadi pada beberapa orang yang mengikat ekor kuda dengan ketat, menjepit rambut, atau helm. Hal-hal ini diketahui karena kerusakan folikel rambut yang menyebabkan jaringan parut, dan kemudian rambut tidak bisa tumbuh di sana lagi," ujar Craig dalam video.

Pada dasarnya, topi yang sangat ketat yang menyebabkan alopecia traksi.

Jadi, selain genetika, apa lagi yang bisa menyebabkan kebotakan? Menurut Craig, baik pria maupun wanita bisa kehilangan rambut mereka akibat gizi buruk, obat-obatan, infeksi, kehamilan, dan trauma.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.