Sukses

Nenek yang Hobi Jaga Cucu Punya Ingatan Lebih Tajam

Menghabiskan waktu bersama cucu sekali dalam seminggu membuat ingatan nenek lebih tajam.

Liputan6.com, New York- Bagi nenek yang ingin ingatan lebih tajam dengan cara menyenangkan ada caranya. Menjaga cucu itu rupanya bisa membantu menjaga ingatan lebih tajam di masa tua.

Cukup dengan menghabiskan waktu bersama cucu sekali dalam seminggu, itu sudah bisa membuat hasil kognitif nenek lebih baik dibanding nenek lain yang tidak menjaga cucu. Ini berarti, menjaga cucu bisa menurunkan risiko nenek terkena penyakit demensia maupun Alzheimer.

Tidak jelas apa hubungan antara menjaga cucu dengan ingatan lebih tajam nenek. Berkaca pada hasil studi lain interaksi sosial memang mampu membantu lanjut usia menjaga mentalnya tepa sehat. Lalu, bagi cucu itu sendiri bersama nenek seminggu sekali juga membuatnya senang.

Namun, jangan terlalu sering seorang nenek menjaga cucu. Malah nanti bisa jadi bumerang bagi nenek itu sendiri seperti mengutip Cosmopolitan, Rabu (14/12/2016).

Jika nenek yang menjaga cucu lebih dari lima kali, skor kognitif lebih rendah dibanding yang menjaga cucu seminggu sekali. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini