Sukses

Berat Badan Turun dengan Telur: Fiksi atau Fakta?

Studi menunjukkan bahwa mengkonsumsi telur untuk sarapan bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa studi menunjukkan, mengkonsumsi telur untuk sarapan (dibandingkan dengan makanan berbasis roti bagel dengan kandungan kalori yang sama) bisa membantu membuat berat badan turun.

Pada sebuah studi, seperti dilansir dari Verywell, Rabu (14/12/2016), kelompok yang mengkonsumsi telur pada makan pagi mereka pada akhirnya akan mengkonsumsi kalori lebih sedikit selama 36 jam ke depan dibandingkan dengan kelompok yang mengkonsumsi roti bagel. Dan dalam studi lainnya, mereka yang mengkonsumsi telur di pagi hari mengalami penurunan berat badan dua kali lebih banyak dibandingkan pemakan roti bagel.

Alasan yang juga telah diakui mengapa telur bisa menjadi alat menurunkan berat badan, berhubungan dengan kadar proteinnya yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan, protein bisa mencegah peningkatan tajam gula darah. Rendahnya peningkatan gula darah berbanding lurus dengan berkurangnya hasrat untuk makan.

Tidak mengejutkan sebenarnya bahwa banyak studi yang mengungkapkan, hubungan antara mengonsumsi telur di pagi hari dengan rendahnya asupan kalori secara keseluruhan. Karena protein bersifat mengenyangkan dan akan memberikan energi yang cukup panjang bagi tubuh.

Jadi, mengkonsumsi telur di awal hari bisa membantu mencegah keinginan makan pagi yang lebih banyak dan membuat Anda tetap kenyang hingga waktu makan siang tiba. Inilah yang kemudian membuat berat badan turun.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Asupan kalori harus tetap seimbang

Penting untuk diingat, studi-studi yang dilakukan membandingkan penurunan berat badan antara kelompok yang memakan makanan dengan ukuran kalori yang serupa. Dan kalori sangat diperhitungkan jika berkaitan dengan penurunan berat badan. Dan ini tidak bisa dijadikan alasan untuk langsung mengkonsumsi 4 telur omelet keju setiap pagi.

Kandungan protein pada telur secara mayoritas berada pada putih telur. Sementara satu telur utuh memiliki kandungan 72 kalori dan 5g lemak, sedangkan putih telur hanya mengandung 17 kalori tanpa adanya kandungan lemak.

Jadi, pertahankanlah sarapan dengan telur yang mengenyangkan Anda daripada mengkonsumsi roti bagel atau pastry yang tinggi akan kalori namun tidak mengenyangkan. Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah kalori yang Anda konsumsi. Pertimbangkan juga untuk membuat sarapan telur Anda menjadi lebih ringan, dengan mengkonsumsi setengah telur utuh dengan tambahan setengah putih telur lagi.

Telur juga merupakan tambahan yang baik untuk makan siang Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini