Sukses

Ini Penyebab Pria Tidak Cepat Keriput Seperti Wanita

Tanpa disadari keriput pada pria dan wanita memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Liputan6.com, Jakarta Pernahkan Anda memperhatikan bahwa bertambahnya usia, keriput di wajah semakin terlihat jelas? Namun, tanpa disadari keriput pada pria dan wanita memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Bila diperhatikan kebanyakan pria hanya memiliki keriput di sekitar dahi dan jarang sekali ditemukan keriput pada area bibir atau di bawah mata mereka. Sementara keriput pada wanita hampir hadir di seluruh bagian wajah.

"Jenis kelamin memainkan peran besar terhadap keriput akibat tengkorak di sekitar mata juga struktur tulang pria dan wanita memiliki perbedaan sehingga karakteristik penuaan juga berbeda," kata Terrence Keaney, ahli kulit, rambut, dan bedah laser untuk pria di Washington, D.C.

Menurut Keaney, faktor perbedaan berkembangnya keriput pada pria dan wanita juga berasal dari tumbuhnya jenggot di sekitar mulut dan dagu pria yang menutupinya.

Studi 2009 juga menunjukkan bahwa pria memiliki kelenjar sebaceous di sekitar area mulut yang membuat kulit lebih tebal dan lebih tahan lama terhadap perubahan. Ditambah pria tidak lebih banyak menggunakan alat makeup seperti wanita yang mengandung zat-zat penyebab penuaan atau keriput dikutip dari Allure, Selasa (13/12/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Keriput adalah salah satu proses penuaan yang normal terjadi pada semua orang. Keriput dapat terjadi pada seluruh kulit pada tubuh.

    keriput

  • penuaan

Video Terkini