Sukses

5 Makanan dan Minuman Pendukung Kinerja Lever

Ada beberapa makanan tertentu yang bisa membantu memulihkan liver hati dari serangkaian penyakit.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa jenis makanan dan minuman tertentu yang bisa membantu memulihkan lever atau hati dari segala bentuk penyakit yang ada dan berpotensi menyerangnya. Berikut jenisnya seperti dilansir dari laman Medical Daily, Selasa (13/12/2016).

Bawang putih

Bawang putih diyakini bisa menjadi senjata melawan penyakit yang menyerang organ hati kita. Ini dikarenakan bawang putih memiliki kandungan tinggi akan senyawa alami yaitu allicin dan selenium, yang membantu membersihkan organ hati manusia.

Kopi

Kopi juga memiliki kandungan yang dapat membantu menurunkan risiko Anda untuk terkena penyakit lever. Ini dibuktikan melalui sebuah studi yang menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi dalam sehari mampu mengurangi peluang mengidap penyakit hati atau liver hingga 44 persen.

Avokad

Satu alasan lagi mengapa Anda harus mengkonsumsi avokad, karena beberapa penelitian telah menyatakan bahwa makanan super ini sangat baik bagi kesehatan liver. Kandungan antioksidannya yakni glutathione, berperan untuk menyaring zat berbahaya yang berasal dari lever serta juga melindungi sel-sel lever dari kerusakan.

Kunyit

Rempah kunyit juga sangat baik bagi lever. Pasalnya kunyit bisa membantu mengurangi jumlah kerusakan akibat radikal bebas pada lever Anda, atau kerusakan dari ketidakstabilan molekul.

Jeruk bali

Tidak hanya terasa lezat, jeruk bali ternyata memiliki kandungan yang dapat mencegah kerusakan lever. Tingginya kandungan vitamin C dan antioksidannya yang bekerja untuk menyingkirkan racun dari dalam tubuh serta mencegah mereka merusak sel-sel tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini