Sukses

6 Hal Kocak Seputar Bersin

Bersin adalah proses alami yang pastinya pernah dan akan selalu dialami manusia semasa hidupnya.

Liputan6.com, Jakarta Bersin merupakan porses keluarnya angin dari hidung dan mulut Anda untuk menyingkirkan hal menjengkelkan yang tidak diinginkan oleh hidung Anda seperti, debu, bulu kucing, atau serbuk, dan hal tersebut juga merupakan reaksi tubuh untuk menyingkirkan hal
yang tidak seharusnya Anda hirup kedalam paru-paru.

Hal itu pasalnya sudah diketahui oleh semua orang. Namun ada beberapa hal lainnya yang Anda belum tahu dan patut pahami seputar bersin. Berikut 7 hal di antaranya, seperti dilansir dari laman Prevention, Selasa (13/12/2016)

1. Matahari bisa menjadi pemicu

"Hachiii" bukanlah hanya sekedar suara yang Anda timbulkan ketika bersin, itu juga merupakan akronim untuk sindrom bersin yang secara resmi disebut autosomal dominant compulsive helio-opthalmic outbursts, yang mana menggambarkan fenomena bersin ketika Anda menatap matahari.

2. Aktivitas seksual

Bersin setelah beraktivitas seksual terjadi lebih sering daripada yang Anda pikirkan. Para peneliti tidak begitu yakin mengapa hal itu terjadi, nemaun mereka percaya hal tersebut berkaitan dengan sistem saraf parasympathetic, sistem saraf yang mengatur hal-hal seperti denyut jantung, pencernaan, serta jaringan dan cairan yang berhubungan dengan gairah.

3. Kecepatan bersin akan mengagetkan Anda

Pada tahun 1950-an, ahli biologi dari Harvard, William Firth Wells memperkirakan bahwa bersin bisa menempuh jarak secepat 100 meter per detik!

4. Anda tidak bisa bersin selagi tertidur

Pernah bertanya mengapa Anda tidak pernah terbangun karena bersin? Jawabannya juga membingungkan para ilmuwan. Ketika Anda berbaring, membrane mucus pada hidung Anda akan melembung, yang seharusnya membuat Anda menjadi lebih sensitif terhadap partikel debu yang berputar keluar masuk melalui lubang hidung Anda.
Namun ternyata selagi Anda dalam kondisi tidur REM-kondisi tidur terdalam-seluruh otot terkecuali yang mengontrol mata, sedang dalam kondisi seperti lumpuh. Hal ini juga termasukotot yang bakan berkontraksi ketika bersin.

5. Anda tidak bisa membuka mata ketika bersin

Siapapun mungkin mengingat suatu perkataan yang berbungi:”Hatihati, bola mata Anda bisa melompat keluar ketika bersin dengan mata terbuka!” Namun ternyata, sekuat apapun Anda bersin, hal tersebut tdaik akan membuat bola mata Anda
melompat keluar (dibuktikan oleh pria-pria dari Mythbusters). Jadi Mengapa kita selalu menutup mata ketika bersin? Itu hanyalah sebuah refleks. Syaraf pada hidung Anda sebenarnya terhubung dengan syaraf pada mata Anda, jadi ketika Anda
bersin akan menstimulasi mata Anda untuk menutup.

6. Bersin membuat denyut jantung lebih lambat

Coba diingat kembali hal pertama yang Anda lakukan sesaat ketika Anda ingin bersin. Anda akan mengambil nafas panjang dan dalam, lalu menahannya. Nafas yang dalam tersebut mengencangkan otot pada dada Anda dan meningkatkan tekanan pada paru-paru-yang  membendung aliran darah ke jantung, dan menurunkan tekanan darah sementara serta meningkatkan denyut jantung. Ketika Anda mengeluarkanya secara bersamaan dan cepat, tekanan darah Anda akan naik dengan cepat dan denyut jantung Anda menjadi
lambat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini