Sukses

Tanda Anda Terlalu Banyak Minum Kopi

Berikut pertanda Anda sudah terlalu banyak minum kopi.

Liputan6.com, Jakarta Minum kopi telah lama diketahui memiliki manfaat untuk kesehatan mulai dari umur panjang hingga penurunan risiko demensia atau masalah ingatan. Tetapi, kopi tak hanya dapat membawa dampak positif, karena terlalu banyak kopi juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda.

Apabila Anda merasa sangat gelisah, lemas, atau sering ke kamar mandi, sebaiknya mulai kurangi asupan Anda. Ini pertanda Anda sudah terlalu banyak minum kopi seperti dikutip dari laman Womenshealthmag, Senin (12/12/2016).

1. Sering ke kamar mandi

Kopi bersifat diuretik yang berarti bisa menambah frekuensi buang air kecil Anda. Kondisi ini terjadi terutama jika Anda tidak terbiasa minum kopi. Sementara itu, jika Anda minum kopi dan tidak mendapat asupan yang cukup minum air, Anda tidak dapat menghidrasi sistem tubuh Anda dengan baik.

Cara untuk menghindari kondisi ini, minum kopi sambil makan camilan. Karena, makanan dapat memperlambat gerakan cairan melalui perut dan saluran pencernaan, serta berujung di kandung kemih Anda.

2. Anda sangat gelisah, lelah hingga lemas

Kafein dapat memblokir reseptor adenosin sementara ia mendongkrak adrenalin, dopamin dan glutamat yang bisa sebabkan kegelisahan. Aktivasi simpatik sistem saraf dapat memicu kecemasan, kegelisahan, peningkatan denyut jantung, emosional, dan bahkan mungkin ledakan kemarahan.

Selain itu, kopi memang bisa membuat sebagian orang terasa segar. Namun, ketika efeknya mereda, Anda bisa merasakan kelelahan dalam sekejap. Sebuah studi juga menemukan bahwa kafein dapat merusak produktivitas, menyebabkan mereka yang pekerja keras mengalami kelelahan. Karenanya, hindari minum kopi untuk menambah tenaga karena sumber utama energi tubuh adalah makanan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kedutan di mata

3. Kedutan di mata

National Institute of Health memasukkan kafein sebagai tiga penyebab utama mata kedutan. Penelitian dari York University menunjukkan, kafein memicu pelepasan serotonin dan noradrenalin, rangsangan neurotransmitter yang dapat meningkatkan reaktivitas pada otot dan saraf. Jika Anda mengalami ini, kurangi asupan kopi dan perbanyak asupan air putih Anda.

4. Perut mulas

Pada sekitar 30 persen orang, kopi memiliki efek seperti pencahar. Para ilmuwan tidak tahu pasti apa yang menyebabkan kondisi tersebut, tapi kandungan asam pada kopi dan efek stimulasi pada usus dan kolon, dapat memicu dorongan buang air besar.

Jika sering mengalami ini, cobalah minum kopi hitam yang memiliki kadar asam lebih rendah serta sedikit kafein.

5. Tidur tidak nyenyak

Ilmu pengetahuan mengatakan, kopi bisa merusak kualitas dan kuantitas serta membuat lebih sulit untuk tidur. Kopi juga bisa merusak sirkadian tubuh Anda yang bisa membawa tubuh lesu di siang hari.

Tidur sangat penting untuk fungsi kognitif tubuh Anda. Sehingga, manfaat yang diharapkan dari kopi bisa hilang jika tidur tidak normal. Hindari minum kopi di atas jam 4 sore untuk menjaga waktu tidur tetap stabil dan normal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini