Sukses

Bantu Korban Gempa Aceh Jangan Bergerak Sendiri

Membantu korban gempa Aceh adalah hal yang sangat baik. Namun, sebaiknya, memberi bantuan itu jangan dilakukan seorang diri.

Liputan6.com, Jakarta Gempa Aceh dengan kekuatan 6,5 skala richter pada Rabu, 7 Desember 2016, membuat banyak bangunan runtuh. Korban pun berjatuhan. Keadaan yang menggetarkan perasaan ini membuat banyak orang ingin membantu korban gempa Aceh, baik secara materi dan tenaga.

Namun pastikan bantuan untuk korban gempa Aceh tepat dan sampai di tujuan. "Poin dasarnya, niat membantu itu baik. Bila ingin membantu, baik tenaga atau barang, tidak disarankan bergerak sendiri. Baiknya berkordinasi. Berkoordinasilah dengan lembaga bantuan yang ada disana," kata psikolog klinis Tri Swasono Hadi memberi pesan saat dihubungi Health Liputan6.com ditulis Sabtu (10/12/2016) siang.

Misal melakukan koordinasi mengenai bantuan barang atau makanan apa yang diperlukan. Atau tenaga apa yang dibutuhkan. "Dengan koordinasi yang baik, tidak saling chaos," katanya menambahkan

Lalu, lanjut Tri, bila ingin memberi bantuan secara materi ke para korban gempa Aceh, pastikan lewat lembaga terpercaya. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini