Sukses

Ciuman Bukan dengan Pasangan, 3 Penyakit Ini Gerogoti Tubuh Anda

Inilah akibatnya apabila Anda berciuman bukan dengan pasangan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Hanya dengan satu kali ciuman, Anda dan pasangan dapat saling berbagi lebih dari 500 jenis kuman dan virus penyebab penyakit.

Connie White DDs FAGD dari Academy of General Dentistry, mengatakan, sama seperti berhubungan seksual, ciuman juga tidak boleh dilakukan ke sembarang orang.

"Jika Anda tidak tahu siapa orang yang Anda cium, ini bisa berbahaya untuk kesehatan Anda. Dampaknya sama seperti Anda memiliki pasangan seksual lebih dari satu orang," kata Connie.

Connie memaparkan apa saja penyakit yang paling umum terjadi akibat virus dan bakteri yang ditularkan oleh pasangan Anda ketika sedang berciuman, seperti dikutip dari situs Know Your Teeth, Sabtu (10/12/2016)

1. Cold sores

Cold sores, lepuhan-lepuhan kecil dan menyakitkan yang umumnya timbul di sekitar mulut, muka, atau hidung bisa terjadi akibat infeksi virus herpes simplex tipe 1.

Luka berisi cairan ini bisa menular, terutama jika lepuhan mengeluarkan cairan. Bahkan, luka yang telah mengering tetap bisa menular.

“Jadi cara terbaik untuk menghindari cold sores, jika seseorang memiliki luka yang terlihat di dekat bibirnya, hindari kontak intim dengannya,” kata Connie.

2. Pilek

Jika Anda merasa akan pilek atau flu, Connie menyarankan untuk tidak berciuman.

“Pilek dan virus flu dapat ditularkan dengan mudah melalui kontak dengan air liur atau sekresi hidung dari orang yang sakit,” ujar dia.

3. Mononukleosis

Mononukleosis dikenal sebagai “penyakit berciuman”. Selain bisa ditularkan lewat ciuman, mereka juga bisa ditularkan saat saling berbagi makanan dengan menggunakan sendok yang sama, cangkir, peralatan, atau sedotan yang sama.

“Orang-orang bisa terlihat sangat sehat, tapi Anda tidak tahu penyakit jenis apa yang mereka bawa. Untuk melindungi diri, ketahui siapa orang yang Anda cium,” kata Connie mengingatkan.

Menurut Connie, jika Anda dan pasangan sama-sama sehat, berciuman juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mulut Anda, karena kegiatan ini dapat meningkatkan produksi air liur.

Air liur membantu membersihkan partikel makanan dan bakteri penyebab gigi berlubang, serta membantu melindungi gigi dari pembusukan dengan menetralkan asam yang berbahaya.

Agar ciuman jadi tak berbahaya, Connie membagi tipsnya untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut Anda, seperti:

1. Hindari makanan pedas, bawang, dan kopi. Bau dari makanan dan minuman ini bisa bertahan lama hingga 72 jam setelah dicerna.

2. Sikat gigi dan gunakan benang gigi (floss) setidaknya dua kali sehari. Ingat juga untuk menyikat lidah, pipi, dan langit-langit mulut.

3. Kunyah permen karet bebas gula setelah makan untuk menghilangkan partikel makanan yang terjebak di sela-sela gigi yang bisa menyebabkan bau mulut yang tidak enak sehingga ciuman jadi berkesan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini