Sukses

Ciuman 10 Detik saja, Bakteri yang Tersebar Capai 80 Juta

Apa benar bakteri dapat menyebarkan bakteri dengan jumlah yang banyak?

Liputan6.com, Jakarta Satu studi yang dimuat di dalam jurnal Microbiome menyebut bahwa ciuman selama sepuluh detik dapat menyebarkan 80 juta bakteri.

Guna mendapatkan hasil di atas, Profesor dan Ilmuwan di Netherlands Organisation for Apllied Scientific Research (TNO), Remco Kort, meminta 21 pasangan yang merupakan pengunjung kebun binatang di sana untuk ciuman.

Kemudian, peneliti mengumpulkan air liur milik mereka ke dalam wadah kecil, sebelum dan sesudah ciuman.

Para peneliti menemukan, bakteri yang berada di lidah pasangan, lebih mirip sama bakteri yang berasal dari dua orang asing.

"Rupanya, jika seseorang sudah lama menjalani sebuah hubungan, menyebabkan bakteri yang terkumpul di lidah memiliki kesamaan," kata Remco dikutip dari Time pada Sabtu (10/12/2016)

Untuk mengetahui seberapa mirip bakteri di dalam lidah pasangan yang sudah hidup bersama-sama lebih dari lima tahun, Remco meminta satu orang dari mereka untuk minum yogurt probiotik.

Setelah menunggu beberapa saat, mereka diminta untuk mencium pasangannya untuk kedua kalinya.

Ternyata, bakteri probiotik yang biasanya tidak ditemukan di mulut, memang ditransfer bersamaan dengan sekitar 80 juta bakteri lainnya.


Melalui kuesioner, tim peneliti menemukan bahwa semakin sering berciuman, maka semakin banyak bakteri yang mereka bagi bersama-sama.

“Ada sejumlah studi yang menunjukkan jika keragaman jenis bakteri meningkat pada tubuh seseorang, ini adalah hal yang baik. Ber-ciuman juga bisa bertindak sebagai bentuk kekebalan tubuh, yang memungkinkan tubuh Anda jadi resistensi terhadap paparan mikroorganisme lainnya,” ujar Remco.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini