Sukses

Cegah Bau Mulut untuk Ciuman yang Lebih Berkesan

Tentunya Anda tidak ingin ciuman menjadi mimpi buruk, bukan? Oleh karena itu, perhatikan hal-hal di bawah ini.

Liputan6.com, Jakarta Ciuman bisa berubah menjadi mimpi buruk bila Anda bau mulut. Oleh karena itu, pastikan Anda terhindar dari bau mulut agar ciuman yang berikan meninggalkan kesan di hati pasangan Anda.

Di bawah ini ada sejumlah tips agar Anda terbebas dari bau mulut sehingga sesudah ciuman meninggalkan sesuatu yang bisa dikenang, dikutip dari situs WebMD, Sabtu (10/12/2016)

1. Gosok gigi dan lidah dua kali sehari

Sesudah menyikat gigi, Anda tidak boleh lupa untuk menyikat lidah, terutama di bagian belakang. Menggosok lidah dapat menyingkirkan bakteri penyebab bau mulut.

Satu studi menemukan, bau mulut bisa berkurang sampai 70 persen bila Anda menyikat lidah sesudah menyikat gigi.

2. Gunakan benang gigi (Floss) setidaknya sekali sehari

Flossing dilakukan untuk mengeluarkan sisa-sisa makanan yang tersembunyi di sela-sela gigi dan menghilangkan plak di gigi. Selain itu, flossing juga membantu mencegah penyakit periodontal yang merupakan penyebab lain dari bau mulut.

3. Kumur dengan menggunakan obat kumur antimikroba untuk melawan bau mulut

Kurangi kelebihan plak di gigi dengan rutin menggunakan obat kumur. Selain itu, Anda juga dapat mengencerkan hidrogen peroksida untuk digunakan sebagai obat kumur untuk napas yang segar.

Dengan begitu, pasangan akan mencium aroma yang wangi selama ciuman.

4. Gunakan obat kumur mengandung flouride agar terhindar dari karies gigi

Tidak hanya terasa sakit, karies gigi juga mengeluarkan bau busuk. Untuk mencegahnya gunakan obat kumur mengandung flouride.

5. Minum banyak air putih

Kekurang cairan menyebabkan mulut kering dan bau mulut. Jadi untuk mencegah bau mulut, minum air putih yang cukup setiap hari.

6. Obati sakit perut

Mengobati sakit perut Anda dengan meminum obat-obatan di pasaran, dapat meringankan asam lambung yang dapat menyebabkan bau mulut ketika Anda bersendawa.

7. Periksa infeksi sinus Anda

Bau mulut bisa menjadi petunjuk dari infeksi sinus. Hal ini paling terlihat setelah bangun di pagi hari, inilah sebabnya banyak orang-orang langsung menyikat giginya saat baru bangun pagi.

9. Kunjungi dokter gigi Anda

Setidaknya setiap enam bulan kunjungi dokter gigi Anda untuk membersihkan dan menjaga kesehatan mulut secara menyeluruh. Dokter dapat memeriksa mulut, gigi berlubang, dan penyakit gusi yang menyebabkan bau mulut.

Namun jika tips perawatan ini tidak juga membantu menghilangkan masalah bau mulut yang Anda alami, lebih baik segera pergi ke dokter.

Terkadang, bau mulut bisa menjadi tanda dari masalah yang lebih serius, misalnya karena infeksi, bronkitis kronis, diabetes, penyakit ginjal, atau masalah pada hati.

Perhatikan delapan hal di atas sebelum Anda ciuman.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini