Sukses

4 Makanan yang Diam-Diam Tinggi Garam

Tak selalu dituliskan di label, ada empat makanan yang diam-diam miliki kandungan garam yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Terlalu banyak sodium atau garam bisa membahayakan kesehatan. Asupan garam yang terlalu tinggi dapat memicu tekanan darah tinggi yang bisa menyebabkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

Anda yang memiliki tekanan darah tinggi mungkin sudah mulai membatasi asupan garam yang berlebihan. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada beberapa makanan yang ternyata mengandung garam tersembunyi?

Garam tersembunyi ini biasanya tidak disebutkan secara langsung pada label makanan. Garam ini bisa terdapat pada disodium phospate dan monosodium glutamate (MSG).

Dan empat makanan ini mengandung garam yang tersembunyi, seperti dilansir dari Women's Health, Jumat (9/12/2016): 

1. Bagel atau donat 

Makanan yang dipanggang seperti roti, biasanya mengandung baking soda atau baking powder. Bahan makanan ini mengandung 1.280 mg dan 480 mg sodium atau garam dalam setiap ukuran satu sendok teh. Sehingga, satu buah bagel bisa mengandung 560 mg garam.

2. Saus spageti 

Gula tambahan pada saus tomat sering menyembunyikan kandungan garam yang tinggi. 1/2 cup saus spageti kaleng bisa mengandung 440 mg gula.

3. Jus sayur kemasan 

Selain jus buah, jus sayuran juga dapat berbentuk kemasan. Tapi, jus sayuran kemasan atau kaleng mengandung garam yang tinggi. 8 ons jus sayuran kemasan ini mengandung 410 mg garam.

4. Sereal 

Beberapa sereal dikemas dengan lebih banyak garam dibanding keripik tortila atau kentang. 1 cup corn flakes atau sereal tanpa susu bisa mengandung 270 mg garam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.