Sukses

Berbaring Sepanjang Hari Saat Pilek Bisa Bahaya

Berbaring sepanjang hari di tempat tidur ketika sedang pilek, bisa menyebabkan beberapa implikasi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Ketika badan drop akibat pilek, sepertinya hal terbaik yang Anda lakukan adalah berada di tempat tidur sepanjang hari. Namun tahukah Anda, terus-terusan berada di kasur justru bisa membuat masalah jadi bertambah banyak dan jauh lebih buruk?

Walaupun ini adalah hal naluriah untuk terus berbaring ketika diri kita terkena virus atau pilek, tetapi hal tersebut bisa memunculkan beberapa implikasi kesehatan yang serius. Jadi, apa yang seharusnya kita lakukan saat sedang mengalaminya?

“Istirahat bukan berarti Anda harus terus-terusan berada di tempat tidur, karena, Anda harus mengeluarkan lendir yang tebal tersebut lewat batuk. Jika Anda berbaring di tempat tidur dan tidak bergerak, maka lendir akan berkumpul di dada Anda dan bisa mneybabkan bronkitis atau pneumonia,” ujar dokter telinga, hidung, dan tenggorokan, Dr Erich P. Voigt, MD.

Namun menurutnya, ini bukan satu-satunya masalah kesehatan yang bisa timbul akibat berada di tempat tidur sepanjang hari, ketika pilek menyerang.

“Jika Anda tidak bergerak dan berbaring di tempat tidur sepanjang hari, Anda bisa mengalami pembekuan darah di kaki. Jadi, merupakan ide yang baik untuk bangun beberapa saat dari tempat tidur dan berjalan-jalan sebentar jika Anda terkena pilek atau virus. Anda tidak harus berbaring sepanjang hari,” pungkasnya, sepert dilansir dari Mirror, Jumat (9/11/2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pilek adalah kondisi dimana terjadi infeksi ringan pada hidung. Biasanya ditandai dengan terjadinya sumbatan pada hidung dan saluran nafas.

    Pilek

  • Info Sehat