Sukses

3 Tips Aman dan Nyaman Pakai High Heels

Jika tak berhati-hati, sepatu high heels bisa menimbulkan masalah kesehatan pada penggunanya.

Liputan6.com, Jakarta High heels memang bisa membuat kaki wanita penggunanya terlihat jenjang. Tak heran banyak kaum Hawa yang rela mengoleksi sepatu dengan hak tinggi ini meski beberapa brand mematok harga selangit.

Tapi jika tak berhati-hati, sepatu high heels bisa menimbulkan masalah kesehatan pada penggunanya. Tak cuma lecet, sepatu high heels juga dapat memicu kerusakan saraf, otot kaki, lutut, pinggul, dan punggung.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meminimalisir risiko tersebut. Tiga hal berikut akan membantu Anda mengurangi dampak buruk penggunaan high heels serta menjadikannya lebih nyaman ketika dipakai, dilansir dari laman Mirror, Jumat (9/12/2016):

1. Ketebalan sol

Podiatrist, laura Gleich mengatakan, "Ketika Anda menggunakan high heels, pusat gravitasi Anda berpindah sehingga sebagian besar bobot tubuh ditopang oleh tumit."

Laura menyarankan untuk mencoba sebanyak mungkin high heels untuk mendapatkan sepatu mana yang memiliki lebih banyak bantalan tumit sehingga Anda bisa memakainya lebih lama.

Platform (sol) di bagian depan sepatu juga membantu mengurangi sakit yang ditimbulkan oleh sepatu high heels Anda. "Manfaat dari platform adalah Anda bisa mengenakan hak yang lebih tinggi tanpa membuat kaki bagian depan menjadi tegang," ujarnya.

Meski begitu, sebaiknya hati-hati menggunakan sepatu dengan sol depan terlalu tebal karena hanya akan membuat kaki dalam posisi tidak nyaman dan jauh dari tanah. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ukuran alas heels

2. Ukuran alas heel

Laura menjelaskan,"Semakin lebar dasar heel sepatu Anda, semakin besar penopang bagi tubuh Anda."

Itu sebabnya, meski tampak cantik, stiletto tidak nyaman dikenakan. Sebaliknya, wedges ternyata lebih nyaman dipakai karena seluruh kaki menjejak tanah. Artinya, keseimbangan Anda menjadi lebih baik dan kecil kemungkinannya Anda akan keseleo.

3. Kedalaman dan bentuk ujung sepatu

Beraktivitas serta berjalan seharian membuat kaki Anda berkeringat dan membengkak. Ujung sepatu high heels yang terlalu runcing dan sempit bisa menghambat sirkulasi darah. Penting untuk memastikan ada ruang yang cukup untuk kaki Anda bernapas.

"(Sepatu pointy) secara alami akan meningkatkan tekanan pada kaki kemudian Anda harus memasukkan kelima jemari ke dalam sepatu yang memiliki ujung sempit itu. Coba pilih sepatu dengan bentuk yang lebih nyaman bagi kaki, semisal yang ujungnya membulat," saran Laura.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.