Sukses

Alasan Pasangan Suka Bermesraan di Depan Umum

Liputan6.com, Jakarta Beberapa pasangan tidak sungkan untuk memamerkan kemesraan mereka di umum. Sayangnya, parade kasih sayang mereka ini terkadang membuat orang lain yang melihatnya jengah.

Kebanyakan, pamer kemesraan di depan umum ini dilakukan oleh remaja atau pasangan muda. Ternyata, ada alasan di balik pamer kemesraan yang mereka lakukan.

Sebuah studi, diterbitkan dalam The Journal of Sex Research, mensurvei pria dan wanita berusia 17-35 tahun untuk mencari tahu motivasi mereka bermesraan di depan umum--dan apa yang mereka pikir mereka dapatkan dari tingkah laku tersebut.

Dari 349 partisipan (155 wanita dan 194 pria), 37 persen partisipan pria dan 32 persen partisipan wanita mengatakan, mereka pernah bermesraan di depan umum, seringnya di usia sekolah.

Pasangan remaja cenderung lebih sering umbar kemesraan di banding pasangan yang lebih tua.

Kebanyakan partisipan mengatakan, mereka melakukan hal itu untuk "meningkatkan citra dan status mereka dengan cara bermesraan dengan satu orang tertentu." Alasan lainnya adalah, memang hanya untuk bersenang-senang dan bermain-main dengan pasangan mereka.

Walaupun sama-sama bermesraan di depan umum untuk meningkatkan citra, pria dan wanita memiliki sudut pandang yang berbeda terhadap hal itu. Pria mengumbar kemesraannya di publik (berciuman bibir, menyentuh area tertentu di tubuh pasangannya) untuk mendapatkan pengakuan dan respek.

Beberapa dari responden pria mengatakan, bermesraan di depan umum memberi kesan mereka adalah seorang playboy. Mereka juga mengatakan, hal ini bisa memperkuat ikatan dengan teman-temannya sesama pria.

Sedangkan bagi wanita, tujuan mereka bermesraan di depan umum adalah untuk menunjukkan betapa menariknya mereka dan untuk membuat orang lain cemburu. Salah satu responden mengatakan, dia ingin "cewek-cewek lain untuk merasa cemburu, dan aku merasa lebih baik."

1 dari 2 halaman

Merasa Seperti Cewek Murahan

Ada satu lagi perbedaan antara pria dan wanita dalam soal bermesraan di depan umum. Setelah berasyik-masyuk dengan pasangannya di depan umum, beberapa wanita khawatir hal itu akan membuat mereka jadi terlihat seperti cewek murahan--sesuatu yang sama sekali tidak dirasakan oleh para pria.

Dalam salah satu kasus, ketika seorang pria bermesraan dengan pasangannya untuk pamer di depan teman-teman, dia bisa saja berpikir pasangannya saat itu adalah jodohnya. Namun, teman-temannya yang melihat kemudian jadi berpikir wanita tadi adalah seorang cewek gampangan.

Menurut ahli hubungan, Dr. Nicole Martinez, kekhawatiran dicap "murahan" karena bermesraan di depan umum tidak terbatas pada para remaja saja. "Wanita di segala usia, yang tak segan memamerkan kasih sayang di publik, atau sebagai penggagas, dipandang dengan cara berbeda dibanding pria yang melakukannya."

Isu yang belum diteliti oleh studi ini adalah pasangan yang umbar kemesraan di media sosial. Dr. Martinez percaya, kebanyakan pasangan yang terlihat penuh cinta di media sosial sedang berusaha untuk "mengatur bagaimana orang lain memandang pasangannya."

Jadi, ketika Anda merasa "panas" karena melihat mantan dan pacar barunya tampak sangat mesra di media sosial, Dr. Martinez menyarankan untuk tidak ambil pusing, karena "orang-orang cenderung hanya menunjukkan foto-foto terbaik dari hubungan mereka di media sosial." Dilansir dari Broadly, Kamis (8/12/2016).

Artikel Selanjutnya
Fakta, 11 Hal yang Dicari Pria dari Wanita dalam Hubungan Asmara
Artikel Selanjutnya
6 Hal yang Kerap Membuat Pria Kebingungan