Sukses

Dibanding Pria, Kenapa Wanita Lebih Percaya Zodiak?

Liputan6.com, Jakarta Kepercayaan wanita akan zodiak terbukti lebih tinggi dibandingkan pria. Bahkan sebuah studi pada 2009 silam berhasil mengungkap, satu dari empat orang Amerika percaya pada astrologi.

Menurut Pew Research Center, fenomena ini terus bergulir setiap tahunnya hingga 2013 lalu. Dari 2.250 orang Amerika yang disurvei, sekitar 29 persen dari mereka mempercayai astrologi. Namun, jika dilihat dari gender wanita menduduki 28 persen lebih percaya dengan astrologi, dibandingkan 23 persen pria.

Berdasarkan penelitian ilmiah berbasis konsep psikologis, peneliti mengungkap wanita cenderung percaya dengan astrologi lantaran mereka memiliki psikologis locus of control yaitu kepribadian yang didefinisikan keyakinan individu terhadap mampu atau tidaknya mengontrol nasib sendiri.

"Dibandingkan pria, wanita memiliki rata-rata skor yang lebih tinggi akan locus of control, wanita lebih mungkin terdorong rasa kepercayaannya terhadap astrologi," kata Dr. Gad Saad, marketing professor di Concordia University dan evolutionary behavioral science expert.

Sementara dalam Pyschology Today, melaporkan alasan pria tidak percaya dengan zodiak atau astrologi karena pria memiliki kepribadian yang lebih dominan, cenderung berkuasa, dan religius, sehingga mereka akan mengambil kontrol sendiri untuk mengatur hidupnya dibandingkan harus mempercayai astrologi. Dikutip dari Mashable, Kamis (8/12/2016)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini