Sukses

Bocah Carla Harus Jalani Operasi Kelamin di Usia 5

Carla menjalani operasi kelamin karena sang ibu menemukan adanya bibir vagina saat penis sang anak alami pembengkakan

Liputan6.com, Australia Bocah Carla harus menjalani operasi kelamin di umur lima tahun.  Saat lahir, Carla diketahui berjenis kelamin laki-laki. Namun, sang ibu melihat adanya vulva (bibir vagina), saat penis Carla mengalami pembengkakan.

Setelah menjalani pemeriksaan, kelenjar reproduksi Carla yang selama ini bersembunyi, memberikan penampilan alat kelamin yang mirip dengan vagina. Rupanya, Carla juga memiliki organ reproduksi perempuan (ovarium) sehingga harus menjalani operasi kelamin. 

Dikutip dari situs Deccan Chronicle, Rabu (7/12/2016), kondisi seperti yang dialami Carla dikenal dengan hermafrodit. Salah satu cara untuk menentapkan jenis kelamin, harus dengan operasi kelamin, yang dalam hal ini operasi interseks.

Interseks ditujukan kepada seseorang yang memiliki kombinasi sifat seksual berupa ambiguitas seksual.

Proses operasi kelamin

Sebelum Carla menjalani operasi kelamin, kedua orangtua harus mendapat persetujuan dari pemerintah setempat. Setelah pengadilan mengabulkan permintaan mereka supaya Carla melakukan perubahan jenis kelamin.

Permintaan dikabulkan, setelah pengadilan melihat sendiri perilaku sehari-hari Carla. Menurut mereka, Carla cenderung berperilaku layaknya anak perempuan, yang tertarik bermain dengan gincu dan lip gloss.

Carla juga suka memakai kalung dan meminta rambutnya dikepang. Tahap selanjutnya yang harus dipikirkan, usai menjalani operasi kelamin menjadi perempuan.

Carla membutuhkan dukungan dan prosedur medis agar dia dapat menjadi perempuan sepenuhnya di masa mendatang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.