Sukses

8 Manfaat Ubi Jalar, dari Sumber Energi sampai Obati Bisul

Ubi jalar punya manfaat kesehatan bagi tubuh.

Liputan6.com, Jakarta Apakah Anda mengonsumi ubi jalar sebagai pengganti karbohidrat? Jika ya, mungkin Anda bisa mendapatkan manfaat ubi jalar layaknya nasi. Sebab selain mengandung karbohidrat tinggi, ubi jalar punya manfaat menyembuhkan bisul sampai mengatasi gejala menopause.

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (7/12/ 2016), berikut ini manfaat ubi jalar:

1. Sumber energi yang besar

Ubi jalar mengandung karbohidrat dan serat larut sehingga menjadi sumber energi yang besar.

2. Lancarkan pencernaan

Makan ubi jalar berarti serat makanan untuk mengatasi sembelit dan mengurangi tingkat kolesterol. Selain itu, ubi jalar dapat menurunkan risiko kanker dengan menetralisir senyawa racun dalam makanan.

3. Mengatur gula darah

Kandungan indeks glikemik rendah (gula darah) sehingga gula darah Anda akan normal.

4. Sumber vitamin B

Kaya vitamin B kompleks dan mngandung banyak nutrisi yang dibutuhkan. Vitamin B diperlukan meningkatkan fungsi metabolisme dalam tubuh.

5. Sumber vitamin  C dan vitamin A

Ubi jalar juga mengandung sumber Vitamin C dan A. Vitamin C berperan sebagai anti-penuaan, meningkatkan kekebalan, dan pertumbuhan tulang.

Vitamin A untuk memperbaiki kulit, meningkatkan penglihatan pada malam hari, dan melindungi tubuh terhadap kanker paru-paru dan rongga mulut.

6. Mengontrol tekanan darah

Ubi jalar kaya akan kalsium, zat besi, kalium, mangan, dan fosfor. Kalium membantu kesehatan jantung dengan mengontrol tekanan darah dan mengatasi hipertensi.

Besi sebagai pembentukan sel-sel darah merah untuk mencegah anemia.

7. Obati bisul

Di berbagai negara di Asia Timur, ubi jalar digunakan sebagai obat. Kandungan allantoin mampu mengatasi bisul.

8. Menopause

Ubi jalar berpeluang mengatasi gejala menopause pada wanita. Hal ini dikarenakan senyawa saponin steroid yang terkandung pada ubi jalar.

Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk membuktikan ubi jalar mengatasi menopause.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini