Sukses

Depresi Bisa Datang dan Pergi Akibat 9 Makanan Ini

Depresi bisa terjadi karena banyak hal. Dan makanan-makanan di bawah ini bisa memicu depresi dan memerangi depresi

Liputan6.com, Jakarta Perasaan sedih berkepanjangan dan mood yang berantakan bisa mengarah ke depresi. Makanan sehat bisa menjadi salah satu cara melawan depresi.

Di bawah ini ada beberapa makanan yang bisa memicu dan melawan depresi seperti dikutip dari situs WebMD, Rabu (7/12/2016)

1. Kalkun

Kalkun mengandung protein yang membentuk triptofan, untuk membuat serotonin. Menurut penelitian, serotonin inilah yang memainkan peran kunci dalam depresi.

Beberapa obat antidepresan bekerja dengan menargetkan agar otak menggunakan serotonin. Ayam kalkun bisa memberikan efek meningkatkan suasana hati.

2. Wortel

Sayuran ini kaya beta-karoten, yang juga bisa diperoleh dari labu, bayam, ubi jalar, dan melon. Penelitian telah menghubungkan nutrisi ini ke tingkat depresi yang lebih rendah. Belum ada cukup bukti yang menyebutkan wortel bisa mencegah gangguan, tetapi tidak ada salahnya memasukkan lebih banyak dalam diet Anda.

3. Kerang

Makanan sehat ini merupakan sumber yang baik dari B-12. Beberapa penelitian menemukan orang dengan kadar vitamin yang rendah lebih cenderung mengalami depresi. Mungkin kurangnya kadar itu menyebabkan kekurangan zat yang disebut s-adenosylmethionine (SAM), yang dibutuhkan otak dalam memproses bahan kimia lain yang mempengaruhi suasana hati. Jika Anda sedang mencari makanan B-12 lainnya, cobalah daging sapi tanpa lemak, susu, dan telur.

4. Kopi

Kefein di dalam kopi bisa membantu Anda merasa lebih termotivasi. Tapi, jika Anda mengalami depresi usai melahirkan atau gangguan panik, beberapa studi menunjukkan kafein mungkin membuat gejala menjadi lebih buruk. Peneliti lain mengatakan secangkir kopi dapat menurunkan risiko terkena depresi, meskipun belum yakin alasannya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Sayuran hijau

Sayuran berdaun hijau mengandung folat yang dibutuhkan sel otak agar bisa melindungi depresi. Produsen makanan di AS menambahkan vitamin ini, yang juga dikenal sebagai B9. Anda juga bisa mendapatkannya dari lentil, kacang, dan asparagus.

6. Ikan salmon

Salmon dan ikan lainnya seperti tuna kaya akan lemak tak jenuh. Para peneliti berpikir kandungan di salmon dapat membantu melawan depresi. Salah satu jenis lemak yang disebut asam lemak omega-3, dapat membantu sel-sel otak menggunakan bahan kimia yang dapat mempengaruhi suasana hati Anda. Sebuah penelitian kecil menunjukkan orang yang tidak depresi memiliki kadar omega-3 yang lebih tinggi dibandingkan mereka gangguan mood.

7. Susu

Susu menjadi sumber vitamin D. Apabila Anda memiliki nutrisi ini dalam tingkat yang rendah, kadang-kadang dapat menyebabkan depresi. Sebuah studi Norwegia menemukan orang yang mengambil suplemen vitamin D kurang tertekan setahun kemudian dibanding mereka yang tidak. Apabila Anda tidak suka susu, cobalah tingkatkan kandungan vitamin D dengan makan sereal yang diperkaya dan jus, serta ikan kaleng.

8. Junk Food

Makanan ini cepat saji dan kenyang, tapi makanan olahan bisa menjadi berita buruk bagi suasana hati Anda. Para ilmuwan telah mempelajari diet tinggi gula, karbohidrat sederhana, dan makanan berlemak mempengaruhi perasaan And. Banyak ditemukan beberapa hubungan antara makan tidak sehat ini dan depresi.

9. Alkohol

Lebih baik jika Anda minum anggur, bir, dan minuman campuran, coba memoderasinya.

Anda mungkin merasa lebih baik pada saat itu, tapi minum banyak dapat membuat gejala depresi lebih buruk dari waktu ke waktu, karena alkohol membuat otak kurang aktif. Hal ini juga dapat membuat obat antidepresan kurang efektif.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.