Sukses

Ini Penyebab Anda Sering Kentut

Tak hanya karena perut kembung, kentut juga bisa dipicu oleh beberapa makanan.

Liputan6.com, Jakarta Saat buang angin atau kentut di tengah keramaian, Anda pasti cenderung memilih pergi ke lokasi yang lebih sepi. Kentut bisa mengeluarkan suara dan bau yang membuat Anda malu.

Padahal, kentut adalah hal yang normal dan wajar terjadi pada setiap tubuh manusia. Perut kembung atau bergas bisa membuat Anda kentut lebih sering. Tetapi, ada beberapa makanan dan minuman yang bisa membuat Anda sering kentut.

Salah satunya adalah minuman bersoda. Minuman ini memiliki efek membuat perut kembung. Minuman berkarbonasi dapat membuat perangkap udara di dalam dan angin akan keluar dalam bentuk kentut atau sendawa.

Selain minuman bersoda, salad juga bisa membuat Anda lebih sering kentut. Meski salad dikenal merupakan makanan yang menyehatkan karena terdiri dari sayuran mentah yang kaya serat, tapi kubis atau brokoli yang ada pada salad bisa membuat Anda sering kentut. Jenis sayuran berkabohidrat tersebut sulit untuk dicerna dan hal inilah yang dapat menghasilkan gas kentut.

Selain salad dan minuman bersoda, beberapa hal ini dapat membuat Anda sering kentut, dilansir dari Times of India, Selasa (6/12/2016): 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pemicu kentut

1. Lobak

Lobak juga bisa membuat perut kembung. Ini adalah salah satu sayuran teratas penyebab perut kembung.

2. Menghirup banyak udara

Tanpa disadari, menghirup udara dapat masuk hingga ke saluran pencernaan. Ini terjadi saat Anda berbicara, makan dan minum. Ketika jumlah udara yang terperangkap di dalam tubuh terlalu besar, ini akan dikeluarkan dalam bentuk kentut.

3. Banyak makan manis 

Makanan yang manis mengandung gula faux ataupun gula alami. Gula faux tidak dapat dicerna oleh tubuh kita. Mereka akan tetap dalam usus dan melakukan fermentasi. Ini dapat membuat Anda lebih sering kentut. Bahkan gula alami dapat menginduksi kentut.

4. Stres

Stres tak pernah membawa kebaikan untuk kesehatan Anda. Stres ternyata juga dapat menginduksi kentut karena usus Anda terhubung ke jaringan saraf. Pikiran yang terganggu dapat menjadi salah satu alasan di balik perut kembung.

5. Sembelit 

Ketika kotoran tersumbat di usus dan menyebabkan sembelit, itu memungkinkan asap-asap keluar dalam bentuk kentut. Karenanya, perbanyak asupan serat dan air putih untuk mengatasi sembelit.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini