Sukses

Orangtua Harus Mencoba 4 Hal Ini Ketika Anak Tantrum

Ada empat hal yang harus dilakukan para orangtua ketika anak tantrum? Mengalihkan pikiran anak tantrum memang tak mudah.

Liputan6.com, Jakarta Berteriak, meronta-ronta, dan terisak-isak, adalah hal yang akan dilakukan anak ketika mereka sedang tantrum. Ini adalah hal umum yang sering terjadi pada mereka, tapi bagaimana cara Anda untuk menenangkannya?

Untuk menenangkan tantrum-nya, cobalah lakukan empat trik ini padanya, seperti dilansir dari situs Purewow, Selasa (6/12/2016):

1. Melucu

Membuat anak tertawa dengan melakukan hal-hal konyol di depannya, akan menurunkan ketegangan dan mengarahkan pikirannya dari sesuatu yang membuatnya frustasi. Seorang pakar menyebut hal ini sebagai “mental switcheroo”.

2. Empati

Apakah Anda pernah berdebat dengan pasangan Anda, yang selalu mencoba memberikan solusi pada setiap keluhan Anda, padahal Anda sebenarnya hanya perlu didengar olehnya? Menyebalkan bukan?

Jadi jika anak Anda sedang tantrum, coba biarkan dulu ia meredakan sendiri rasa marahnya, misalnya, jika ia merasa sangat kesal, biarkan ia memukul-mukul bantal atau meratap di lantai (selama dia di tempat yang aman). Kemudian ketika tantrumnya mulai mereda, Anda bisa mengajaknya bicara dengan ungkapan empati yang dimulai seperti,”saya bisa mengerti apa yang membuatmu sngat marah.” Teruskan percakapan empati tersebut sehingga ia merasa bahwa dirinya didengar. 

3. Mengalihkan perhatian

Buat pengalihan perhatian dengan cara apapun. Misalnya, jika Anda sedang di supermarket bersama anak, kemudian ia meminta permen manis dan Anda menolaknya. Ketika ia akan tantrum, minta ia dengan memakai suara bernada gembira, bahwa Anda memerlukan bantuannya untuk menunjuk lobster terbesar di tangki akuarium disana.

4. Peluk

Ini mungkin adalah hal terakhir yang akan Anda lakukan setelah ia melempar bonekanya ke badan Anda atau mungkin memanggil Anda "jelek".

Namun pelukan yang erat dan tanpa kata-kata (bukan pelukan ketika Anda sedang memanjakannya), akan mengingatkan ia bahwa cinta dan rasa sayang Anda padanya tak tergoyahkan, dan bahwa ia aman untuk melampiaskannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini