Sukses

Putar Balik Efek Penuaan dengan 5 Makanan Ini

Studi mengungkapkan Anda bisa memutar balik efek penuaan dengan mengonsumsi makanan dengan kandungan yang tepat.

Liputan6.com, Jakarta Walaupun terdengar terlalu canggih, para peneliti sebenarnya sudah menemukan komponen tertentu yang bisa memutarbalikkan efek penuaan. Caranya adalah dengan meningkatkan metabolisme, mendongkrak energi, dan menambah sensitivitas insulin. Hebatnya, komponen tadi ditemukan dalam buah dan sayur.

Studi pada Washington University School of Medicine di St. Louis telah menunjukkan nicotinamide mononucleotide (NMN), yang sudah diproduksi secara alami oleh tubuh, memiliki efek anti-penuaan pada binatang. Karena studi pada binatang tersebut merupakan sukses besar, para peneliti berencana untuk mengujinya pada manusia.

Avokad kaya akan kandungan NMN

 

Percobaan pada tikus tadi menunjukkan tikus-tikus tua yang meminum air dengan NMN tadi mengalami peningkatan energi dan metabolisme. Uniknya, air ber-NMN tadi tidak mempengaruhi tikus-tikus muda. Sebab, kadar NMN dalam tubuh berkurang seiring pertambahan usia. 

Sayangnya, kadar NMN yang diberikan pada binatang tadi jumlahnya jauh lebih besar dari kandungan NMN alami pada buah dan sayur. Dan walaupun Anda tidak akan bisa mengonsumsi cukup buah dan sayur untuk mendapatkan kadar NMN seperti pada studi tadi, memakan banyak buah dan sayur masih memiliki banyak manfaat anti-penuaan.

“Memakan sayur dan buah bisa menghasilkan akumulasi efek pada hubungan saraf,” ujar penggagas studi Shin-Ichiro Imai, MD, Ph.D, seorang profesor pada Washington University School of Medicine.

Dilansir dari laman Prevention, Senin (5/12/2016), berikut tipe kategori makanan yang bisa memperlambat penuaan:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Makanan mengandung NMN

Pada studi yang disebutkan di atas, tikus yang diberikan air yang diberikan suplemen menjadi lebih banyak makan dari kelompok yang diawasi tetapi juga mengalami penurunan berat badan. Walaupun tidak bisa mengharapkan hasil yang drastis, tidak ada ruginya untuk memperbanyak konsumsi makanan kaya NMN, seperti tomat, alpukat, edamame, brokoli, dan ketimun.

Makanan mengandung vitamin B

Jamur adalah salah satu makanan yang kaya akan vitamin B.

NMN merupakan turunan dari niacin atau vitamin B3. “Seluruh vitamin B sangatlah penting untuk energi. Selain memberikan kita energi, juga mendorong energi metabolisme pada sel-sel tubuh,” ujar Kristi King, MPH, RDN, seorang pembicara untuk Academy of Nutrition and Dietatics.

Makanan kaya akan Niacin adalah kacang tanah, jamur, dan teh hijau segar.

Makanan mengandung carotenoid

Buah yang kaya dengan carotenoid bisa melawan efek penuaan.

Phytonutrien yang ditemukan pada buah dan sayuran berwarna kuning dan oranye, seperti jeruk, labu, wortel, dan paprika orange bisa membantu meningkatkan kesegaran kulit dan mencegah kerusakan kolagen, ujar Torey Armul, MS, RD, LDN, salah satu pembicara dari Academy of Nutrition and Dietatics.

Buah kaya anti-oksidan lainnya juga bisa membuat kulit Anda tetap terlihat muda. Raspberry dan buah delima mengandung ellagic acid, sebuah anti-oksidan yang telah diketahui bisa mengurangi kerusakan kolagen.

3 dari 3 halaman

Makanan mengandung Omega-3

"Pada proses penuaan, biasanya Anda akan melihat kerentanan terhadap inflamasi. Namun memakan makanan yang kaya akan kandungan omega-3 bisa membantu Anda mencegah hal tersebut,” ujar King. Lemak baik yang ditemukan pada almond, biji-bijan, lemak ikan, dan minyak zaitun bisa membantu mengurangi inflamasi.

Diet mediterania

Diet mediterania

Penelitian menunjukkan mereka yang mengikuti diet mediterania memiliki risiko rendah akan penurunan kemampuan kognitif. Juga risiko yang lebih rendah untuk terkena penyakit Alzheimer ketika mereka menua. Armul mengutip isi dari diet mediterania, seperti minyak zaitun, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang, dan kacang polong yang merupakan pilihan baik bagi kesehatan otak Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini