Sukses

Layar Ponsel Ternyata Lebih Jorok dari Dudukan Toilet

Ada beberapa benda yang lebih jorok dari dudukan toilet, yang Anda sentuh setiap hari.

Liputan6.com, Jakarta Permukaan tempat duduk toilet merupakan salah satu benda yang dianggap orang merupakan salah satu yang paling jorok. Namun ternyata ada beberapa hal yang lebih jorok.

Dilansir dari laman Times of India, Senin (5/12/2016), berikut beberapa permukaan benda yang ternyata lebih jorok daripada tempat duduk toilet.

Layar Ponsel

Anda menggunakannya pada berbagai situasi, di tempat tidur, ketika makan, ketika dalam perjalanan, bahkan Anda membawanya ketika Anda pergi ke toilet, walaupun Anda mengetahui bahwa hal tersebut kurang baik. Dan tidaklah aneh jika ponsel Anda dipenuhi dengan kuman.

Rata-rata sebuah ponsel memiliki bakteri 10 kali lebih banyak dari pada dudukan toilet, menurut sebuah studi dari University of Arizona. Bahkan, 16 persen dari seluruh ponsel ternyata memiliki jejak materi feses.

Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa 9 dari 10 ponsel memiliki kuman pembawa penyakit. Untuk menghindarinya, sering-seringlah untuk membesihkan ponsel Anda.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Gagang pintu

 

Gagang pintu berulang kali disentuh oleh tangan, yang dianggap sebagai bagian terkotor pada tubuh manusia. Dalam suatu penelitian, satu virus diletakkan di gagang pintu sebuah kantor. Hasil studi menemukan, 60 persen orang dalam kantor tersebut, terkena virus tadi.

3 dari 6 halaman

Keyboard

Keyboard menyimpan hingga lima kali lebih banyak kuman daripada dudukan toilet, ujar sebuah studi. Tanpa disadari, Anda menyebarkan kuman dan bakteri setiap kali Anda menyentuh keyboard komputer.

Untuk membersihkannya, putar keyboard menghadap bawah agar kotoran bisa terjatuh, kemudian gunakan cairan desinfektan untuk membersihkan kuman yang tersisa.

4 dari 6 halaman

Wastafel

Ketika Anda keluar dari toilet, hal pertama yang Anda sentuh adalah keran wastafel. Jadi tidak heran jika benda tersebut dipenuhi oleh kuman. Sebuah studi menemukan, keran wastafel toilet memiliki bakteri hingga 21 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

Keran dapur bahkan lebih buruk lagi, dengan adanya bakteri dari makanan yang bercampur. Keran dapur bisa memiliki bakteri hingga 44 kali lebih banyak daripada dudukan toilet.

5 dari 6 halaman

Tas tangan

Sama seperti ponsel, para wanita membawa tas mereka kemanapun mereka pergi dan menaruhnya di sembarang tempat. Sebuah setudi menunjukkan, satu dari 5 tas tangan memiliki bakteri yang cukup untuk memberikan resiko berbagai penyakit.

Tas kulit memiliki resiko lebih buruk karena teksturnya yang berpori merupakan lingkungan yang sempurna untuk perkembangan bakteri.

6 dari 6 halaman

Kemudi mobil

Rata-rata sebuah kemudi mobil memiliki hingga 700 bakteri disetiap inci perseginya. Anda mungkin tidak mengira, namun mobil Anda sebenarnya membiakkan berbagai macam tipe kuman. Anda menggunakan ATM, trolley belanja, atau bersin dan setelah ita akan menyentuh kemudi mobil. Hal ini yang membuatnya menjadi salah satu tempat tertinggi bakteri berkembang biak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini