Sukses

Pedoman Diet Sehat bagi ODHA

Liputan6.com, Jakarta Secara spesifik Orang dengan HIV/AIDS (ODHA) tidak memiliki aturan diet khusus. Namun, mengatur diet sehat sangat dianjurkan bagi ODHA untuk mencegah penurunan sistem imun tubuh.

Nutrisi yang terkandung dalam makanan sehat mampu memperkuat sistem imun yang dapat membantu melawan infeksi. Mengatur diet sehat juga akan meningkatkan energi, membuat kuat lebih kuat, terhindar dari masalah komplikasi kesehatan yang riskan menyerang ODHA.

Berikut pedoman diet sehat yang direkomendasikan bagi ODHA, seperti dikutip laman WebMd, Sabtu (3/12/2016).

1. Sayur dan buah

Semua menu diet sehat tak pernah melewatkan dua jenis makanan ini yang kaya akan nutrisi baik dan bersifat antioksidan. Sayur dan buah akan melindungi sistem imun dan wajib dikonsumsi setiap hari. Setidaknya dalam sehari, ODHA harus mengonsumsi lima hingga sembilan porsi buah dan sayur.

2. Kacang-kacangan dan telur

Protein dalam kacang-kacangan dan telur baik dikonsumsi ODHA untuk menyokong kekuatan otot dan sistem imun.

3. Kurangi garam dan gula

Terlalu banyak mengonsumsi garam dan gula dapat meningkatkan risiko penyakit jantung bagi ODHA. Dianjurkan untuk mengurangi sepuluh persen gula dalam menu makanan dan minuman diet setiap harinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.