Sukses

Seks Bikin Memori Otak Wanita Lebih Tajam

Penelitian terbaru menunjukkan, seks bisa melatih ketajaman memori wanita.

Liputan6.com, Jakarta Penelitian terbaru menunjukkan seks bisa membantu melatih ketajaman memori wanita.

Menurut para peneliti, hubungan seksual atau seks dapat memperkuat kemampuan wanita untuk memanggil kembali ingatan juga kemampuan untuk mengingat kata-kata.

"Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penis-vagina intercourse (PVI) memiliki efek yang menguntungkan bagi fungsi memori wanita muda yang sehat," kata peneliti studi, Larah Maunder dari McGill University di Montreal.

Temuan sebelumnya telah melaporkan bahwa seks juga dapat memberikan efek menguntungkan pada hewan.

Maunder bersama kolega menguji frekuensi hubungan seksual dengan fungsi memori otak pada beberapa mahasiswi yang sehat.

Untuk mendapatkan efek kinerja otak yang dikaitkan dengan hubungan seksual, peneliti meminta 78 wanita heteroseksual berumur 18 sampai 29 tahun, untuk menyelesaikan paradigma memori komputer yang terdiri dari kata-kata abstrak dan wajah.

Hasil yang dipublikasikan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior menunjukkan, frekuensi seks secara positif dikaitkan dengan skor memori untuk mengingat kata-kata abstrak, tetapi tidak untuk mengingat wajah.

Peneliti menyimpulkan bahwa aktivitas seksual mempengaruhi pertumbuhan jaringan baru di hippocampus pada otak, yang diduga menjadi pusat emosi, memori, dan sistem saraf otonom.

"Karena memori pada otak untuk menyimpan dan mengingat kata-kata, sebagian besar bergantung pada hippocampus," kata peneliti.

Sedangkan memori untuk mengingat wajah, sebagian besar membutuhkan struktur ekstra-hippocampal. Dikutip dari Boldsky, Sabtu (3/12/2016)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini