Sukses

1 dari 3 Kematian Pasien Kanker Gara-Gara Merokok

Hampir 70 persen bahan kimia pada rokok terkait jadi pemicu kanker.

Liputan6.com, New York- Bukan hal yang baru bila merokok bisa membuat masalah kesehatan. Studi terbaru makin memperkuat hal tersebut yakni mengungkap satu dari tiga kematian pasien kanker akibat merokok.

Data ini terungkap dari American Cancer Society bahwa dari 167.133 kematian pasien kanker, sekitar 29 persen diantaranya terkait kebiasaan merokok.

"Hampir 70 persen bahan kimia pada rokok terkait jadi pemicu kanker," kata pemimpin studi Joannie Lortet-Tieulent seperti mengutip Time, Minggu (14/2/2016).

Ilustrasi merokok (Reuters)

Lebih lanjut, Joannie menuturkan bahan kimia berbahaya pada rokok itu memicu perubahan pada DNA. Sehingga terjadi  perubahan sel normal menjadi sel kanker.

Selain itu, kata Joannie, asap hasil merokok juga membahayakan tubuh. Asap tersebut masuk ke aliran darah sehingga menempatkan organ selain paru berisiko mengembangkan sel-sel kanker.

Ya, merokok memang tidak hanya terkait dengan kanker paru. Studi sebelumnya mengungkap merokok terkait dengan 11 jenis kanker yakni kanker rongga mulut dan faring, usus, kerongkongan, leukemia acutemyeloid, pankreas, dan ginjal serta kanker laring, bronkus, ginjal, kandung kemih, hingga leher rahim bagi wanita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini