Sukses

Syarat Agar Bayi Prematur Dapat Tumbuh Sehat

Siapa bilang bayi prematur tidak bisa tumbuh sehat? Jika ibu memerhatikan hal ini, bayi prematur pun bisa tumbuh dan berkembang sempurna

Liputan6.com, Jakarta Bayi prematur dapat berkembang sehat dan normal jika mereka mendapat perawatan medis yang baik setelah lahir. Para pakar menyarankan perawatan yang khusus dan optimal untuk bayi yang lahir sebelum 37 minggu kehamilan.

Meski sejumlah bayi prematur yang berkembang normal setelah lahir, tetap saja sebagian dari mereka masih mungkin mengalami masalah kesehatan yang bisa memengaruhi pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Menurut Nupur Gupta, Dokter Kandungan di Gurgaon's Well Woman Clinic, organ-organ bayi prematur, terutama sebelum 37 minggu, belum sepenuhnya berkembang dan mereka akan menghadapi masalah yang berbeda seperti berkaitan dengan masalah pernapasan, peredaran darah, pencernaan, makan, dan masalah otak.

Bayi-bayi ini juga mungkin rentan terhadap risiko mengembangkan infeksi hipotermia, pendarahan otak, dan retinopati prematuritas. Perawatan bayi tersebut tergantung pada kondisi dan tingkat prematuritas pada saat lahir. 

Lebih dari 3 per 4 bayi prematur dapat diselamatkan dengan hati-hati

Kumar Ankur dari Asosiasi Konsultan Dokter Anak dan Neonatalogy Department, BLK Super Speciality Hospital, New Delhi mengatakan, seorang bayi prematur membutuhkan perawatan khusus dalam bentuk perawatan inkubator, nutrisi intravena khusus, ventilator untuk mendukung masalah pernapasan, fasilitas untuk menyaring lubang forum di jantung, dan check up retina.

Tingkat kelangsungan hidup bayi prematur tergantung pada usia kehamilan saat lahir. Prematuritas tersebut dikategorikan dalam prematur ringan, sedang dan parah.

Jika prematur ringan dan mendapat perawatan medis terbaik, tingkat kelangsungan hidup bayi prematur sekitar 75 persen setelah dilahirkan.

Pengobatan dan jenis tindakan medis bayi prematur juga tergantung pada pernapasan mereka. Perawatan seperti Kangguru atau kangaroo care dan menyusui juga memainkan peran penting untuk perawatan bayi prematur, sama pentingnya dengan skin to skin atau kontak kulit dengan ibu.

Nutrisi yang ada pada ASI dapat memberi dampak yang luar biasa pada kesehatan bayi prematur. Merawat bayi prematur membutuhkan banyak perawatan dan perhatian.

Beberapa bayi prematur mungkin memerlukan cairan yang diberikan secara intravena atau melalui selang di tahap awal.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.