Sukses

Aksi Damai 2 Desember Diguyur Hujan, Lakukan Ini agar Tak Sakit

Berikut adalah tips untuk mencegah tubuh agar tak sakit walau sudah kehujanan saat aksi damai 2 Desember.

Liputan6.com, Jakarta Hari ini, 2 Desember 2016 siang, hujan turun mengguyur. Namun, hal itu tak menyurutkan niat peserta Aksi Damai 2 Desember untuk menyampaikan aspirasi mereka. Sayangnya, tak semua peserta Aksi Damai 2 Desember membawa payung.

Jadi, apa yang harus dilakukan agar badan tidak sakit setelah tubuh basah karena kehujanan, seperti peserta Aksi Damai 2 Desember? Sebenarnya, ada cara untuk mencegahnya. Dlansir dari Onlymyhealth, Jumat (2/12/2016), berikut ini adalah tips untuk mencegah tubuh agar tak sakit walau sudah kehujanan:

1. Segera lepaskan baju Anda yang sudah basah

Ketika Anda sudah sampai rumah, segera lepas semua pakaian Anda yang sudah basah agar airnya tidak meresap ke dalam paru-paru.

2. Segera mandi dan bersihkan kaki Anda

Setelah melepas pakaian yang basah, rendam kaki dalam air hangat untuk menyingkirkan semua kuman yang mungkin telah Anda kumpulkan saat menginjak genangan air.

Anda juga bisa menggosok kaki Anda menggunakan garam untuk menghilangkan kuman-kuman tersebut. Jika sudah, segera mandi dengan air hangat menggunakan sabun antiseptik.

3. Keringkan rambut Anda secara benar dan lembabkan kulit

Ketika rambut Anda basah, pastikan untuk mengeringkannya secara benar, karena jika tidak Anda bisa terkena flu. Untuk mengeringkannya secara cepat, gunakan pengering rambut.

Setelah itu, karena hujan dan mandi dengan air hangat bisa membuat kulit Anda kering, pakai pelembab untuk melembabkan kulit, serta untuk mencegah gatal-gatal atau infeksi.

4. Minum teh panas

Setelah tubuh Anda kehujanan, alangkah baiknya jika Anda minum segelas teh panas untuk membantu menghangatkan tubuh. Selain itu, makan sup juga bisa menjadi pilihan lain yang bisa membuat tubuh Anda hangat.

5. Minum air putih

Air secara tidak langsung mencegah dan terkadang dapat mengobati semua penyakit. Dengan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, maka air akan membantu melawan virus penyebab pilek dan flu. Selain itu, air juga membersihkan tubuh dengan menyingkirkan kuman dan bakteri melalui urin Anda.

6. Minum vitamin C

Jika Anda minum vitamin C secara rutin, Anda mungkin bisa menyingkirkan gejala-gejala pilek dan flu setelah tubuh Anda baru saja kehujanan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.