Sukses

Khasiat Meniran dan Jahe untuk Peserta Aksi Damai 2 Desember

Herbalis menganjurkan peserta aksi damai 2 Desember untuk mengonsumsi campuran meniran dan jahe.

Liputan6.com, Jakarta Hujan deras turun saat peserta aksi damai 2 Desember salat Jumat di Kawasan Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat.

Jika daya tahan tubuh baik, peserta aksi damai 212 tidak mudah sakit. Namun, bila kondisi badan sedang menurun, bisa-bisa jatuh sakit.

Untuk mencegah agar tak jatuh sakit, usai menjalankan aksi damai 2 Desember bisa membuat ramuan herbal. Bahan dasarnya mudah, yaitu meniran dan jahe merah.

Daun meniran | Via: istimewa

"Meniran itu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, lalu jahe itu khasiatnya untuk menghangatkan tubuh," kata Herbalis Tati Winarto saat dihubungi Health-Liputan6.com, Jumat (2/12/2016).

Selain dua bahan herbal di atas, bisa juga mengonsumsi temulawak guna mencegah masuk angin. Tati mengatakan, temulawak juga bisa mencegah maag.

"Kan bisa jadi mereka (peserta aksi damai 2 Desember) terlambat makan saat malam. Nah, bisa mengambil manfaat dari temulawak," kata Tati yang aktif di Yayasan Pengembangan Tanaman Obat Karyasari.

Menggabungkan meniran, jahe, dan temulawak, kata dia, juga bisa. Begini resepnya seperti dituturkan Tati

Bahan:

  1. Dua batang kecil meniran atau satu batang besar meniran
  2. Satu ons temulawak
  3. Satu jari jahe merah
  4. Air tiga gelas

Cara membuat:

Masukkan seluruh air lalu meniran, temulawak, jahe merah. Masak hingga mendidih. Lalu matikan api. Dinginkan. Ketika sudah hangat-hangat kuku, tuang air rebusan ketiga bahan ini ke dalam gelas. Minuman sudah bisa dikonsumsi.

Mengonsumsi rebusan ini sudah bisa membuat kondisi tubuh lebih baik seperti dikatakan Tati. Namun bisa juga dilanjutkan hingga 1-2 kali lagi di keesokan hari.

Diharapkan dengan mengonsumsi rebusan meniran, temulawak, dan jahe merah kondisi peserta aksi damai 2 Desember lebih fit. 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini